UIN Lirik Beasiswa Belanda

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah–Angin segar untuk para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang bercita-cita lanjut ke luar negeri melanjutkan pendidikan. Uin Alauddin sebagai Universitas Islam di Sulawesi ternyata menarik perhatian banyak penyedia beasiswa, tak hanya dari dalam bahkan dari luar negeri pun berdatangan. Terlihat dari kedatangan Marvin Bekker perwakilan Nuffic Neso Belanda untuk Indonesia di Uin beberapa hari yang lalu. Kamis (31/05).

Bekker menjelaskan, organisasi ini merupakan organisasi non-provit, yang ditunjuk resmi oleh kementrian belanda yang menangani kerjasama international dibidang pendidikan tinggi,yang juga berfungsi memfasilitasi kerjasama institusi di bidang pendidikan tinggi antara indonesia dan belanda “fungsinya juga untuk mensosialisasikan dan menyediakan informasi mengenai program study serta beasiswa yang ada di belanda” ungkapnya.

Di Belanda, lanjut Bekker, terdapat dua jenis universitas, yakni universitas untuk Penelitian dan dan universitas Terapan, yang masing masing memiliki perbeadaan yang sangat mencolok, seperti lamanya masa kuliah. Ia juga mengatakan jika dibelanda terdapat banyak kesamaan dengan Indonesia, termasuk diantaranya yaitu makanan-makanannya. Selain itu, , biaya kuliah dan kehidupan, tambahnya, di sana sangat rendah.

Setidaknya, menurut Bekker, ada lima jenis beasiswa yang terdapat di Belanda, yakni Netherlands Fellowship Program yang juga turut bekerjasama dengan 61 negara selain Indonesia, StuNed yang tiap tahunnya dapat menyediakan 100 hingga 200 beasiswa dan sasaran utamanya adalah master, provisional muda, dan kursus. Beasiswa lainnya dalah Dikti Scholarship yang bekerja sama dengan pemerintahan indonesia dari segi pembiayaan, serta Scholarship from Deutch University.

Pembantu rektor empat, Dr Phil Kamaruddin Amin, diakhir sesi, mengatakan mahasiswa sekarang harus pandai-pandai melihat peluang ”beasiswa sekarang lebih mudah di dapatkan dibanding tahun-tahun sebelumnya”.(LqZ)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami