Jurusan Akuntasi UIN Juara II Kompetisi Nasional di Unhas

Facebook
Twitter
WhatsApp

Senin, 30 Januari 2012 | Suryani Musi
Sri Nirmala pakai jilbab putih dan Ahmad As’ad  Baju hitam kanan
Washilah Online-kali ini jurusan Akuntasi Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengharumkan nama UIN di ajang kompetisi Akuntasi tingkat Nasional kemarin Minggu, (29/01/2012).
Kompetisi tersebut berhasil mereka sabet setelah dua tim dari jurusan Akuntasi di UIN memasukkan paper untuk mengikuti seleksi Accounting Debat Competition yang dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa Akuntasi Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan yang berskala nasional tersebut diikuti beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
11 Januari pengumuman untuk ikut lomba telah ada setelah dinyatakan lulus paper. Dari 10 tim yang lolos tersebut Akuntasi UIN termasuk di dalamnya. Bersaing berat dari universitas lain seperti Universitas Widya Mandala Surabaya dengan 2 tim, Universitas Gadja Mada  (UGM) Yogyakarta dengan  1 tim, Universitas  Tadulako Palu dengan 1 tim, Politeknik Negeri Sriwijaya dengan 1 tim, STEI Tazkia Bogor dengan 1 tim, Univsitas Negeri Makassar (UNM) dengan  1 tim, Universitas Muhammadiyah Makassar dengan 1 tim, Unhas dengan 1 tim, serta UIN dengan 1 tim.
Perwakilan UIN Alauddin yang lolos ke tahap debat yaitu Ahmad As’ad dan Sri Nirmala Sari yang keduanya mahasiswa angkatan 2008 atau Semester VIII. Dengan judul paper, Internalisasi Nilai Zakat dalam Akuntansi Menuju Budaya Bisnis yang Adil.
Kemudian tiba pada hari yang paling dinanti, 27 Januari 2012 Tim UIN Alauddin  Makassar  dan 9 tim lainnya beradu kecerdasan lewat debat yang bertemakan Akuntasi Syariah: Solusi atau Ilusi yang digelar di Gedung PKP Unhas.
 Prosesnya cukup panjang kemudian tiba pada  pengundian,  tim UIN Alauddin Makassar melawan tim UNM dengan sub tema Accrual Basic dalam Akuntansi Syariah.   Tim dari UNM sebagai tim pro dan tim UIN sebagai tim kontra.
Hasilnya cukup manis. Ahmad as’ad dan Sri Nirmala Sari menyabet juara Runner Up (II) pada tanggal  29 Januari dan Juara I oleh Universitas Widya Mandala Surabaya dan Juara III oleh STEI Tazkia Bogor. Kategori Best Speaker dimenangkan oleh Ahmad As’ad dari UIN  sementara Best Paper dimenangkan oleh Unismuh Makassar.
“Ini adalah berkat support dari semua pihak kepada kami baik dari teman-teman di Akuntansi, Dosen, Pihak Jurusan serta Pihak Fakultas sehingga punya semangat dan dapat menampilkan yang terbaik.Kami juga berharap prestasi ini dapat dilanjutkan bagi adik-adik angkatan lain serta mendapat respon atau apresiasi dari pihak Fakultas serta Universitas bahwa kami punya kapabilitas dan menang di tingkat Nasional,”kata Sri Nirmala Sari didampingi oleh Ahmad As’ad.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami