Rektor Tantang Anak Arsitek dan PWK Buat Master Plan Kota Satelit UIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

Selasa, 13 September 2011 | Suryani Musi
Washilah Online-Berawal dari Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudddin Makassar, Prof Dr H Qadir Gassing HT MS berjalan kaki kemarin (13/09/2011). Ketika macet di poros jalan menuju UIN, dan membuatnya harus meninggalkan mobilnya demi memenuhi tugas yang mendesak. 
Dari hal tersebut, Rektor mengambil pelajaran bahwa seharusnya tidak boleh hanya satu jalur menuju ke kampus. Akan tetapi mestinya ada empat. Hal tersebut diperuntukkan bagi jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) untuk menggambarkan jalannya untuk dipetakan. 
“Selain dari jalan tersebut, saya minta dibikinkan master plan seluas dua radius untuk pengembangan kota satelit  UIN. Kota satelit tersebut nantinya akan dihuni oleh asrama mahsiswa tentunya juga masyarakat sekitar. Kita akan prediksikan dua tahun ke depan mahasiswa UIN akan berjumlah 20 ribu mahasiswa. Olehnya itu harus terencanakan memang mulai sekarang,” tantang Rektor ketika memberikan sambutan kepada pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi di gedung Lecture Centre, Selasa (13/09/2011).
Master plan tersebut rencananya akan diserahkan kepada Bupati Gowa untuk mendapatkan izinnya. Berkali-kali Rektor menekankan bahwa ide dasar tersebut harus menjadi pekerjaan rumah buat mahasiswa Arsitek dan PWK.
Dua radius kilo meter ini akan menjadi kota satelit untuk menciptakan pradaban. Pancarannya nantinya akan terpancar keluar. 
“Kelak di situ akan ada danau, pondokan, tempat sholat, dan juga kuburan. Visi Misi UIN adalah pencerdasan, pencerahan, dan prestasi. Buktikan pencerdasan tersebut daalm dua radius kilo meter tersebut di UIN. Meski ini tidak mudah, akan tetapi hanya orang-orang cerdaslah yang akan mewujudkan hal tersebut,”tambahnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami