Prof Hamdan Membangun Soft Skill Melalui Taro Ada Taro Gau’

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kamis, 08 September 2011 | Suryani Musi
Washilah Online-Prof Hamdan Juhanis MA Ph D mengajak mahasiswa baru (Maba) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar untuk mengembangkan soft skill mereka. 

Melalui kuliah umum yang berjudul Membangun Soft Skill Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Prof Hamdan memaparkan bagaimana soft skill memegang peranan penting dalam kehidupan sebagai pentu masa depan, Kamis (08/09/2011).

“Settinglah tujuan Anda mulai dari sekarang. Karena dari settingan itu yang akan membentuk karakter Anda akan seperti apa nantinya,” katanya.
Prof Hamdan juga memaparkan bagaimana bangsa ini telah kehilangan jati diri, kehilangan karakter. Dia menceritakan bagaimana ketika kuliah di luar negeri dan menanyakan karakter bangsa teman-temannya. Mulai dari bangsa India yang banyak bicara saat kerja, Bangsa Jepang yang banyak kerja sedikit bicara, Bangsa Filipina yang banyak bicara sedikit kerja. Lalu bagaiman dengan bangsa Indonesia? Dia mengakui bagaimana ketika menjawab pertanyaan teman-temannya bahwa bangsanya sendiri lain di bicara lain pula yang dikerja.

“Kita bangsa Indonesia tidak seperti bangsa-bangsa lainnya. Lain dikerja lain pula yang dibicara. Olehnya itu, kiita harus mulai dari sekarang menanamkan dalam diri kita tentang taro ada taro gau. (apa yang dikatakan maka itu yang diperbuat: Dari Bahasa Bugis),” paparnya panjang lebar.
Untuk menjadikan seseorang berkarakter, Prof Hamdan membocorkan tipsnya yakni banyak membaca biografi dari orang-orang sukses, rajin membaca buku yang berkaitan dengan diri dan keterampilan yang dimiliki, dan menata soft skill sebaik-baiknya.
Kemudian, tips untuk menyetting tujuan hidup dimulai dari pertanyan-pertanyaan yang dimunculkan dalam diri. Yakni, dalam diri Anda, Anda mau punya apa? Kemudian akan nantinya akan berbuat apa? Lalu akan menjadi apa? Setelah itu akan dikenang sebagai apa nantinya?
“Pertanyaan-pertanyaan ini akan menjadi penentu soft skill anda. Maka mulailah pertanyakan hal itu pada diri Anda.”

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami