Rektor Tantang Koperasi UIN Dapatkan Modal Lima Milyar

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi

Washilah Online-Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr H Qadir Gassing HT MS menantang Koperasi UIN untuk mendapatkan modal sebesar lima milyar selama periodenya. Hal tersebut disampaikan pada saat membuka acara Laporan Khusus KPN Al-Muawanah UIN Tahun Buku 2010, Sabtu (09/07/2011).

“Apakah kira-kira kita tidak mampu mendapatkan modal lima milyar empat tahun ke depan? Kalau saya pikir itu sangat mungkin. Setidaknya itu juga merupakan tantangan kita untuk mencapainya,” katanya di hadapan anggota Koperasi yang berlangsung di Gedung Training Centre UIN Kampus I.

“Manajemen Koperasai perlu orientasi baru. Koperasi itu seharusnya memilik dua sayap. Yakni sayap untuk kepentingan sosial dan sayap bisnis,” katanya.

Ketika kedua sayap tersebut dikembangkan maka untuk mendapatkan modal uang lima milyar tidak terlalu sulit. Bidang bisnis yang tangani harus dikembangkan. Dan, tidak boleh fokus kepada kegiatan tradisional seperti simpan pinjam. Simpan pinjam itu juga boleh asal usahanya dikemabangkan. Jika dulunya hanya menjual lima jenis, untuk ke depannya harus bertambah menjadi 25 jenis. Dari Koperasilah usaha akan mendobrak kiri kanan.

“Jika pemimpinnya loyo maka usahanya pasti ikut loyo. Jika pemimpinnya tegas maka usahanya juga akan tegas. Saya mendengar kritikan dari orang UIN sendiri bahwa kopersai UIN tidak ada apa-apanya. Hanya sirop yang bias diberikan. Saya tidak mau di periode saya seperti itu,” tantangnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami