Ketua MUI Jeneponto Raih Gelar Doktor

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi

Washilah Online-Perhelatan ilmiah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jeneponto, Drs H Jumatang Rate MA berlangsung di gedung Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa (06/07/2011) malam.

Di hadaapn para promotor dan tim penguji yang terdiri dari Prof Dr Minhajuddin MA, Prof Dr Rusdi Halik MA, Dr H Kamaluddin Abunawas M Ag. Prof Dr H M Galib MMA, dan co promotor Dr H Mustamin M Arsyad MA. Penguji eksternal yaitu Prof Dr Ahmad Thib Raya MA selaku guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jumatang Rate berusaha mempertahankan disertasinya yang berjudul Hari Akhirat Dampak dan Implikasinya Terhadap Perilaku Manusia Menurut Al-Qur’an. Dengan metofe kajian Tematik.

Pokok permasalahan isi disertasi Jumatang Rate adalah bagaimana konsep Al-Qur’an tentang hari akhirat dan implikasinya terhadap perilaku manusia. Berangkat dari permasalahn tersebut diperlukan penjabaran dalam bentuk sub-sub masalah sebagai berikut.

Makna-makna yang dapat dipahami dan dirumuskan dari konsep Al-Qur’an tentang hari akhirat dampak dan implikasinya terhadap perilaku manusia.

Argumentasi dan analogi manusia yang tidak beriman kepada hari akhirat. Respon Al-Qur’an terhadap sikap orang yang tidak beriman kepada hari akhirat, dan dampak dan implikasi imam terhadap hari akhirat terhadap perilaku manusia menurut Al-Qur’an.

Metode yang digunakan adalah metode tematik corak penelitian yang normatif kualitatif, serta analisis tematik yang komperhensif dengan teknik-teknik interpretasi aqidah akhlak, linguistic, dan historis. Yang menjadi objek penelitian adalah ayat-atyat al_Qur’an yang berkenaan al-yaum al-akhir (hari akhir). Konsep-konsep yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut diperoleh dengan menelaah secara sistematis dengan meggunakan al-ma’jam al Mufahras li Alfaz al-Qur’an al-karim.

Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa dari 26 kali digunakan kata al-yaum al-akhir (hari akhir) pada 26 ayat di 13 surah, diperoleh kesimpulan bahwa iman pada hari akhirat adalah salah satu rukun iman dan pokok kebajikan implikasi kepada perilaku manusia individu yang beriman, sebagai ikutan kepada rasul, ketaaatan kepada Allah, pendekatan diri kepada Allah, indikator kesalehan seseorang berjuang tanpa pamrih, menfikan kekekhawatiran bagi pelaku kebaikan, dan tidak sayang kepada para penantang Allah dan Rasul.

Percaya kepada hari akhirat diyakini oleh Jumatang sangat berpengaruh bagi perilaku manusia dengan keberadaannya pada hari akhirat. Sehingga dengan kepercayaan tersebut akan terwujud pada ketaatan kepada Allah dan Rasul.
Jumatang Rate lulus dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 85,8 sebagai Doktor dalam Bidang Tafsir.

Namun, ketika memaparkan secara ringkas isi disertasainya, Prof Dr Kamaluddin mengeritik bahwa gambaran yang dipaparkan oleh Jumatang bukan merupkan isi abstrak. Akan tetapi ceramah.

“Sepertinya promofendus tidak memahami tentang apa itu abstrak, rumusan masalahnya harus diakui sesuai dengan isi gambaran,” kata Prof Kamaluddin.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami