Dua Guru Besar UKM Bawakan Kuliah Umum di PPs UIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi

Washilah Online-Dua guru besar dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) membawakan kuliah umum. Kuliah umum tersebut digelar di gedung Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa (19/07/2011).

Kedua guru besar tersebut adalah Prof Dr Jawiah Dakir dari Fakultas Pengajian dan Kepemimpinan (Fakultas Dakwah dan Komunikasi) dan Prof Dr Siti Rugaya Hj Tibek (Fakultas Ushuluddin dan Filsafat). Keduanya memberikan materi bagaimana sebenarnya UKM tersebut termasuk membuka akses untuk kuliah di UKM. Baik program SI, S2, dan S3.

“Di Malaysia pada saat ada kuliah umum seperti ini pasti sedikit sekali yang hadir. Tidak libur saja sedikit yang akan hadir lebih-lebih jika libur. Biar kami mengemis-ngemis mereka tidak mau datang. Mereka hanya akan datang apabila itu kuliah mereka. Jangan ditiru itu ya, itu tidak baik. Mau jadi sarjana tidak boleh seperti itu.

Tapi di sini saya bersyukur banyak yang datang,” kata Prof Dr Siti Rugaya.
Ketika menyampaikan kuliah umum, keduanya menggunakan bahasa Melayu Malaysia. Prof Siti Rugaya beberapa kali menekankan bahwa terkadang dari dua bahasa, anrtara Malaysia dan Indonesia punya arti yang kurang bagus meskipun maksudnya baik.

“Jangen diikut yang tak bettul ye. Soalnya cakap kita beda. Yang kita bincangkan boleh dipaham ye? (Artinya: Bila ada yang salah jangan diambil. Soalnya bahasa kita beda. Dan, apa yang dibicatrakan dapat dipahami?)

Kuliah umum tersebut diikuti oleh Program S2, dan S3. Meski hari libur, seperti yang dikatakan oleh Prof Rugaya, sekitar kurang lebih 30-an mahasiswa yang hadir. Termasuk Pembantu Rektor II UIN, Prof Dr , Prof Dr Natsir Mahmud MA.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami