Doktor Muda Tawarkan Ikhtishan Untuk Pembaharuan Islam

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kamis, 28/07/2011 | Suryani Musi

Washilah Online-Perhelatan ilmiah Hamzah K M HI berlangsung di Gedung Pascasarjana Universias Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Rabu (27/07/2011) malam.
Di hadapan para tim penguji dan promotor,Dosen STAIN Palopo ini berusaha mempertahankan isi disertasinya yang berjudul Ihtishan Sebagai Metode Pembaharuan Hukum dalam Kompilasi Hukum Islam.

Promotor dan co promotor terdiri dari Prof Dr H Minhajuddib MA, Prof Dr Hj Andi Rasdiyanah dan Prof Dr Irfan Idris M Ag namun tidak hadir.
Tim pengujinya adalah Pro Dr H Ahmad M Sewang MA, Pro Dr H Ali Parman MA, Dr H M Rahim Lc MA.

Secara garis besar fokus pengkajian disertasinya adalah Ihtishan sebagai metode pembaharuan hukum dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Pokok kajian tersebut dielaborasi dalam tiga sub permasalahan yaitu, bagaimana eksistensi ihtishan sebagai salah satu metode ijtihab dapat menemukan Islam? Bagaimana implementasi ihstishan sebagai metode pembaharuan hukum dalam KHI? Dan bagaiman prospek metode ikhtihsan sebagai metode pembaharuan hukum dalam KHI?

Dalam penelitian ini menggunakan prinsip dasar penelitian kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan normatif, yuridis, filosofi, dan sosiologis. Data yang diperoleh baik data primer maupun sekunder melalui studi pustaka (library research). Untuk analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kritis atau analisis deskriptif dan content analisis.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ihtishan dalam mennemukan hukum adalah perpindahan dari satu ketentuan dengan ketentuan hukum yang lain karena ada dalil syara’ yang menyuruh atas perpindahan tersebut.

“Perpindahan tersebut harus dilakukan dengan dua syarat yaitu dengan ihtishan
qiyas, dan ihtishan istisnai. Sedangkan penerapan metode ihtishan pada pembagharuan hukum dalam KHI terdapat pada bidang perkawinan, pewarisan dan pewakafan,”katanya ketika memaparkan ringkasan isi disertasinya di hadapan promotor dan tim penguji.

Prospek metode ikhtishan pada pembaharuan hukum dalam KHI terdapat banyak hal akibat perkembagan masyarakat dewasa karena disebabkan pada perkembangan teknologi.
Misalnya dalam perkawinan, perkawinan yang dilakukan di bawah tangan dengan melalui telepon, daalm perwakafan adanya wakaf tunai yang menjanjikan, jika dikelola dengan baik maka zakat merupakan zakat yang besar.

Hamzah K berhasil lulus dengan lama pendidikan tiga tahun Sembilan bulan 25 hari. Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,7 A. lulus dengan amat baik. Doktor dalam bidang Hukum Islam. Doktor yang ke 99 di UIN.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami