Ayat Qauliyah dan Kauniyah Dasar Ilmu UIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi

Washilah Online-Selama Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar berdiri, ternyata selama ini UIN menggunakan gabungan konsep antara ayat Qauliyah (Hadis), dan ayat Kauniyah (alam). Kedua hal tersebut diakurkan sebagai dasar integrasi ilmu pengetahuan UIN.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UIN Alauddin, Prof Dr Qadir Gassing HT MS ketika member sambutan pada peringatan Isra Mi’raj yang diadakn di Gedung Rektorat lantai IV UIN Samata Gowa, Kamis (14/07/2011).

“Dalam bentuk praktisi dikenal dengan Character Building atau pendidikan Karakter Bangsa. Di dalam Karakter Bulding itu mereka mutlak pintar baca Al-Qur’an. Kalau perlu mereka tidak boleh hanya pintar mengaji akan tetapi juga harus pintar menghafal ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan prodi mereka.

Dan, tidak hanya sampai di situ mereka harus tahu artinya, harus tahu tafsirannya kemudian mengaplikasikannya. Mengaplikasikannya ke masyarakat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Pembentukan Karakter itu dilaksanakan di Mahad Aly,” kata Rektor.

Selain itu, UIN akan mengkader melalui Pencerahan Imani dan Keterampilan Hidup (Pikih) untuk keterampilan bahasa. Keterampilan bahasa di sini melaui Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Retorika.

Tujuan adanya Karakter Bulding dan Pikih itu adalah untuk mencapai budi pekerti yang mulia dan berakhlak. Melalui Al-Qur’an, Bahasa, dan Akhlak. Karena ketiga konsep tersebut ada pada Karakter Bilding dan Pikih.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami