Alangkah Lucunya Fakultas Ini

Facebook
Twitter
WhatsApp

Oleh Wahyudi Eka Saputra*

Bangku perkuliahan adalah tempat mahasiswa mendapatkan ilmu dengan segala fasilitas yang ada serta disiapkan oleh pihak kmapus atau fakultas. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, fakultas yang terbagai atas 4 jurusan : Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Farmasi, Keperawatan, dan Kebidanan. Kami hadir dengan penuh harapan dan cita-cita akan jurusan yang kami ambil masing-masing tapi yang kami dapatkan sampai hari ini hanya pikiran yang resah akan keberadaan fakultas ini yang dari tahun ke tahun kinerja yang mereka alami samakin menurun. Tak tahu lagi kita ini mau diapakan oleh mereka.

Kami menulis seperti ini sebagai bentuk penyampain keluh kesal yang kami rasakan sampai saat ini. Bukan berarti kami ini melawan tapi kami menginginkan fakultas kami menjadi baik ke depan dengan penuh kejelasan. Kami harapkan apa yang menjadi hak kami tolonglah di penuhi karena kami bukan korban dari kalian semua, jangan kami dijadikan tumbal dari segala urusan yang memihak kepada kalian-kalian. Kami sedih akan keadaan seperti ini dan kami rindu sebuah berubahan yang lebih baik.
Jangan pernah menginginkan untuk lebih baik dengan kondisi memaksa.

Adanya pengakuan dari luar akan keberadaan ini kalian selimuti dengan kebohongan besar yang ada di dalam fakultas ini. Jangan siksa dan terlantarkan kami seperti ini. Kalian saja yang mau di dengar berkoar-koar sesuai aturan kalian keluarkan tapi kalian tidak pernah mau mendengar suara rintahan para mahasiswa yang ada.

1. Dekan yang tidak jelas keberadaannya. Bagaimana fakultas ini mau baik jika pemimpin atau nahkoda dari kapal ini itu tidak ada sehingga kami seolah-olah tersesat dengan jalan yang kami inginkan. Tidak adanya orang yang pernah mau menginginkan bhawa kami butuh pemimpin untuk saat ini dan kedepan untuk mengawal fakultas ini kedepan lebih baik.

2.Pembantu Dekan Bidang Akademik yang belum ada. System akademik di fakultas kami seperti makanan yang diberikan kepada mahasiswa dengan berserakan kami tetap memakan atau menikmati walau itu pahit. Bagaiman system di fakultas mau baik dengan kondisi birokrasi kami lagi pincang sana-sini seperti orang lumpuh yang tak menginginkan perubahan terhadap dirinya.

3.Jadwal yang tak jelas. Tidak adanya keseragaman jadwal ujian mahasiswa yang dilakukan pihak akademik untuk mengontrol mahasiswa atau waktu ujian yang mahasiswa akan lakukan. Ini adalah agenda yang penting yang harus dibuat dan dilaksanakan. Bukan dari pihak dosen saja yang di tuntut akan nilai yang mereka akan masukkan tapi perbaikilah sesuatu dari hal yang terkecil menuju hal yang paling besar.

4.Kurangnya ruangan kelas. Fasilitas belajar seperti ruangan kelas yang sekarang tidak tau siapa yang berhak untuk menempati rungan tersebut. seolah-olah ruangan ini menjadi rebutan mahasiswa yang akan belajar. Pada saat mahasiswa mau kuliah baru mencoba kocar-kacir untuk mencari ruangan mana yang kosong yang bisa di tempati belajar. Kasihan kami yang ada di fakultas ini. Apakah ini tantangan buat kami semua?, sungguh ironis kalau ini menjadi sebuah tantangan buat kami, kami ini seperti pion yang seenaknya ditaruh di mana saja sesuai hati mereka. Di saat kami ujian pun kami terkadang mengisi pelataran koridor fakultas karena ruangan yang tak muat lagi buat kami. Kasihan adik-adik yang akan mau mengisi fakultas ini begitu hina mereka menerima kebohongan dari kalian.

5.Jadwal Lab yang tak tau kapan. Semester berjalan pun akan habis kami pun tak pernah mencoba masuk kedalam lab. Begitu berat cobaan yang kalian berikan kepada kami, capek kami berkata bahwa ini cobaan. Tapi apakah kalian tak pernah melihat apa yang kami butuhkan. Kami ingin fasilitas yang baik sesuai bayaran yang telah diwajibkan untuk kami. apa yang tak jelas dari ini semua atau kalian sengaja membuat ini semua menjadi hancur.

6.Pengalaman Belajar Lapangan. Ini sudah mau masuk tahap III kami melakukan kegiatan ini tapi kenapa ini selalu saja menjadi permasalahan di antara kami. ini program tahunan yang kami lakukan bukan berarti ini kami yang pertama lakukan tapi ini telah dirasakan oleh senior-senior kami. apakah kami masih harus tetap bertanya persoalan ini kegiatan, terlalu lucu kmapus ini dengan berbagai masalah yang ada didalamnya. Disaat kami bertanya-tanya kalian tak pernah mau mendengar kami tapi kalian hanya bisa berceloteh di depan kami dengan berbagai alasan yang kalian keluarkan.

Kami berharap dengan adanya sebuah goresan tangan dari kami serta keluhan yang kami rasakan, kalian mampu memahami dan menyadari kesalahan yang dan mencoba dengan secepat mungkin bangkit dari tidur dan mimpi-mimpi mustahil kalian yang memiliki maksud di balik semua itu. Jangan biarkan kami berkatung-katung dengan keadaan ini tapi cobalah buat sebuah perubahan dengan adanya ini tulisan.

Kami berkoar-koar dihadapan kalian dengan massa yang banyak kalian tak suka dengan soal itu, maka dari itulah kami membuat tulisan ini sebagai bentuk aspirasi kami yang kami rasakan dan kami tidak mampu menerimanya lagi.
HIDUP MAHASISWA, KAMI INGIN PERUBAHAN DI FAKULTAS KAMI….

WASSALAM……..
*Penulis adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan UIN. Naskah ini tidak melalui pengeditan…Di Washilah menampun aspirasi apapun bentuknya sepanjang memihak mahasiswa yang tertindas.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami