PWK Akan Adakan Pelatihan ArcGIS

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi
Washilah Online- Apakah Anda seorang praktisi dalam bidang manajemen wilayah kota (urban manager) atau perencanaan wilayah kota (urban planner)? Mungkin lebih bagusnya mengikuti pelatihan agar lebih mantap. Pelatihan tersebut diadakn oleh Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
PWK akan mengadakan pelatihan ArcGIS (Geographic Information System) dengan mengusung tema Arm Your Selft With the Skill mulai, (23/06/2011). Namun, menurut Arfandi salah seorang panitia menyatakan bahwa adanya kendala teknisi sehingga kegiatan ini terpaksa harus diundur sampai hari Senin mendatang, (27/06/2011).
Saat ini salah satu software yang dapat dijadikan sebagai tools dalam melakukan analisis keruangan/lokasi adalah software ArcGIS. ArcGIS menawarkan seperangkat kemampuan analisis yang sangat bermanfaat bagi para manager kota atau perencana kota. Nah, olehnya itu jurusan PWK akan mengadakan pelatihan ArcGIS ini. Yang bagi yang pencinta studi mengenai kota tentu akan menujang pelatihan ini. ArcGIS satu-satunyalah alat analisis handal yang dapat digunakan dalam mengelola data-data keruangan dalam ilmu perencanaan terdapat sederet alat-alat analisis. Demikian yang dikatakan oleh Arfandi.
“Saat ini salah satu software yang dapat dijadikan sebagai tools dalam melakukan analisis keruangan/lokasi adalah software ArcGIS. Makanya kami ingin mengadakan pelatihan selama tiga minggu. Namun dalam waktu yang satu minggu itu diadakan latihan sebanyak dua kali di Studionya PWK,” kata Arfandi.
Kegiatan ini menurut Azhar adalah program Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PWK. Bagi yang berminat bisa ikut dengan biaya pendaftaran 300 ribu rupiah.

diharuskan memiliki seperangkat alat (tools) yang diharapkan dapat menunjang dirinya atau timnya dalam melakukan serangkaian analisis keruangan (analisis lokasi). Salah satu tool atau alat yang dewasa ini sangat populer adalah penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG) atau bahasa luarnyaGIS). Sebagaimana diketahui ‘ruang’ dalam ilmu perencanaan merupakan salah satu fokus sentral yang berusaha untuk dikelola dengan baik.

Tentu saja kita sebagai pencinta studi mengenai kota tak dapat begitu saja mengklaim bahwa hanya yang telah lama digunakan jauh sebelum ArcGIS populer. Di antara nya analisis gravitasi, analisis lokasi oleh Von Thunen, analisis struktur kota dan morfologi dalam bidang arsitektur dan analisis ekonomi wilayah kota.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami