Muhtar Yunus Sebagai Ahlul Jannah

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi

Washilah Online- Disertasi yang diajukan oleh H Muhtar Yunus dengan judul Al-Jannah Perspektif Al-Qur’an (Sebuah Kajian Tafsir dengan Metode Tematik). Acara ini digelar di gedung Program Pasca Sarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa (28/06/2011) malam.

Promosi doktor ini promotori oleh Prof Dr Hj Andi Rasdiyanah, Prof Dr H Muhammad Galib M MA. CO promotor adalah Dr H Mustamin M Arsyad MA. Dewan penguji adalah Prof Dr H Abd Muin Salim MA, Prof Dr Moch Qassim Mattar MA, dan H Zulfahmi Alwi M Ag PH D.

Secara garis besar disertasi ini menggambarkan bahwa Al-Qur’an meliputi informasi yang nyata dan alam gaib, dalam disertasinya penulis fokus pada pembahasan seputaran alam gaib. Salah satu pembahasannya alam gaiba adalah al-jannah. Al-jannah dalam al-Quran sangat jelas pengembaraannya, namun sampai saat ini tetap diperselisihkan oleh ulama atau cendikiawan dan aliran-aliran dalam Islam seputar eksistensinya.

Pendapat-pendapat seputar al-jannah di antaranya ada yang mengatakan bahwa al-jannah sudah ada saat sekarang dan ada pula yang mengatakan bahwa ia sampai saat ini belum ada, dan akan diadakan sesudah kiamat karena kalau diadakan saat sekarang akan hancur bersama hancurnya alam dunia. Ada yang berpendapat bahwa tidak ada lagi kehidupan sesudah kehidupan dunia.

Metode-metode yang digunakan dalam pendekatan-pendekatan yakni metode yang akan diterapkan penulis adalah metode semantik, teologi, filosofi, sains, dan tasawuf serta pendekatan-pendekatan lainnya yang relevan.

“Untuk menerapkan metode tersebut maka akan dilakukan pengumpulan ayat-ayat al-Qur’an dengan berdasar pada tema yang telah ditentukn, yakni al-Jannah dengan term-term yang sepadan dengannnya. Ayat-ayat Al-Qur’an yang berkenaan dengan al-jannah dianalisis melalui metode dan pendekatan yang disebutkan dia atas.
Setelah diadakn penelitian, pengungkapan al-jannah dalam Al-Qur’an dapat disimpulkan bahwa Al-jannah mengandung banyak pengertian di antaranya adalah jannah yang telah ada sebelum akhirat dan akan ada pada hari al-akhirat. Al-jannah yang telah ada sebelum hari al-akhirat adalah al-jannah yang telah ditempai nabi Adam as dan istrinya Hawa dan jannah al-ma’wa yang sedang ditempati roh-roh orang mu’min untuk menanti datangnya hari kebangkitan. Sementara al-jannah yang akan ada pada hari al-akhirat adalah jannah al-ma’wah yang akan ditransfer ke hari al-akhirat karena jannah al-ma’wah yang ada di sekitarnya tidak ikut hancur saat itu disebabkan adanya delapan malaikat menahannya. Menurut penulis itulah yang dimaksud kekekalan al-jannah,” kata Muhtar Yunus ketika mempertahankan isi disertasinya di depan para dewan penguji.

H Muhlis berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,5 (A-) dengan lama penddikan enam tahun delapan bulan 27 hari.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami