Tahukah Anda Dampak Penggunaan Gadget?

Advertisement

lombokita.com

Washilah – Di era sekarang, di era industri 4.0 ini pasti tidak luput dengan semakin canggihnya teknologi, teknologi telah dikemas dengan sangat rapi dan keren seperti halnya gadget/smartphone. Gadget adalah alat komunikasi yang dimodifikasi dengan sangat canggih sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Gadget sekarang sedang merambak luasnya dengan berbagai tipe dan warna, para produsen gadget berlomba-lomba memperbarui spesifikasi gadgetnya, sehingga mampu menarik minat para konsumennya. Gadget/smartphone sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan, dari yang tua sampai anak usia dini. Tapi tahukah anda akan dampaknya? Gadget memiliki dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif gadget yaitu:

a. Menambah Ilmu Pengetahuan
Gadget kini menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi di mana pun dan kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak sudah tak asing dengan barang ini. Mereka biasa mengakses internet untuk hiburan, maupun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.

b. Mempermudah Komunikasi
Ini adalah fungsi utama gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Melalui fitur video call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, kita bisa tersambung dengan keluarga, teman atau sahabat seperti bertatap muka langsung.

c. Memperluas Jaringan Pertemanan
Munculnya berbagai situs media sosial seperti line, instagram, whatsapp, twitter dan berbagai aplikasi sosmed lainnya memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun. Gadget membuat dunia seakan-akan berada dalam genggaman kita.

Adapun dampak negatif gadget yaitu:

a. Risiko Terkena Radiasi
Menurut beberapa penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak kecil. Pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf.

b. Kecanduan
Saat ini gadget bagi sebagian orang merupakan kebutuhan primer. Mereka tidak bisa dipisahkan. Hal ini membuat mereka kecanduan, terutama bagi yang hobi bermain game. Kecanduan seperti ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan orang lain.

c. Lambat Memahami Pelajaran
Kebiasaan kita yang asyik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak untuk mendapat informasi. Salah satunya ketika mendapatkan pelajaran di sekolah, mereka akan sulit memahami apa yang disampaikan guru. Selain itu, gadget juga membuat kita cenderung malas belajar serta membaca buku, sehingga berujung pada menurunnya prestasi.

d. Risiko Penyalahgunaan
Kali ini adalah bahaya lain gadget bagi anak-anak terhadap penggunaan gadget apabila kita tidak mengawasinya. Di balik kemudahan kita mengakses informasi melalui gadget, akan menjadi resiko bagi anak-anak. Sudah banyak kasus pelajar yang berbuat cabul akibat kecanduan pornografi melalui gadget. Ini bisa membuat anak salah jalan, hingga membuat mereka melakukan hal-hal yang menyimpang.

Penulis: Mutmainnah S Sabrah (Magang)

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*