Lewat Photografy Harumkan Nama UIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

Senin, 03 Oktober 2011 | Suryani Musi
UIN Online-Badannya kecil kerempeng namun bernyali besar. Dia bergelut pada lembaga yang belum lama berdiri yakni Pixel. Yang didirikan pada tahun 2011.   

Namanya Hasyaf. Merupakan nama singkatan dari Hasman Syahran Fattah jurusan Teknik Informatika semester VII Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Aluddin Makassar.
Laki-laki yang bermata sayu ini lahir pada keluarga yang tidak berlatar fotografi. Sama sekali tidak ada biar satu orang pun keluarganya yang fotografi. Karunia Tuhan yang diberikan kepada laki-laki kelahiran 24 April 2010 ini merupakan anugrah yang ditekuninya lewat pertanyaan-pertanyaan yang tak pernah berhenti ketika melihat hasil jepretan orabng lain lebih bagus dari yang dia jepret.
“Saat SMA saya benar-benar tak habis pikir  mengapa hasil gambarnya bagus dan jelas. Apakah karena proses edit yang baik? Atau pengambilan gambarnya yang tepat? Hal tersebut ia rasa jauh berbeda dengan kamera ponsel yang biasa digunakannya. Melalui dorongan rasa itulah dia mendaftar di UIN dengan jurusan TI dan diterima pada tahun 2008,” kata anak dari pasangan Mantasiah dan Hasanuddin ini.
Lewat kecintaanya tentang fotografi dan desain, dia telah mengharumkan delapan kali nama UIN di luar melalui hasil jepretamnya yang memukau.
Ketika pertama kali masuk di UIN dia tidak menemukan komunitas ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergelut di dunia fotografi. Olehnya itu dia mulai memikirkan hal lain yang dapat menunjang kualitasnya sebagai lulusan IT.
 Makanya lewat ide-idenya yang tak pernah berhenti, dia  ia mulai berencana mengadakan organisasi yang mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang gemar dengan dunia desain grafis untuk terjun di dalamnya. Maka lahirlah Pixel. Meski belum berbentuk UKM namun ada keinginan kuat untuk menjadikan komunitasnya itu sebagai UKM.
Kembali pada awal ketertarikannya pada dunia fotografi, yakni bulan Agustus tahun 2010, ia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk memiliki sebuah kamera idaman setelah melakukan lobi intensif dengan keluarga selama berbulan-bulan.
Dengan jurus andalan ditambah sugesti yang memadai maka saat semester IV ia mulai memperkenalkan visi dan misinya dalam menggabungkan hobi dan pendidikan, yakni fotografi dan IT (desain grafis). 
Dia punya prinsip dalam dunianya itu, mengabadikan semua moment di sela-sela mata berkedip.
Namun di balik kesuksesannya telah meraih juara delapan kali di luar sana, dia pernah mengalami kekecewaan yang luar biasa ketika telah memiliki foto indah yang akan dilombakan dan langsung terdelete.
“Rasanya kecewa sekali. Waktu itu lomba Fenomatika yang diadakan oleh Arsitek Unhas 2011. Ketika lagi melihat ulang fotonya kemudian menhapus yang lain, eh malah yang ingin diikutkan lomba terdelete. Waktu itu saya hanya juara paforit padahal seharusnya juara I,”katanya seraya tertawa.
Namun, di balik kesuksesaanya itu dia agak mengecewakan apresiasi UIN yang tidak memberinya support. Terlebih ketika dijanjikan kana diberikan penghargaan sebagai salah satu mahasiswa yang berprestasi di UIN, namun ujung-ujungnya tidak ada.
“Setidaknya saya tidak dijanji-lah. Saya kan juga manusia biasa jie kodong. Baru mahasiswa lagi. Saya baru mendapat penghargaan dari Dekan Sainstek, Dr Muhammad Khalifah Mustami M Pd. Belum ada dari Rektor,” katanya.
“Seharusnya di UIN itu harus memberdayakan mahasiswanya dari dalam. Contoh kecilnya itu pas wisuda yang baru-baru ini seharusnya berdayakan teman-teman dari Pixel. Jangan mengambil fotografer dari luar. Setidaknya kami mau sedikit dianggap-lah,”katanya ketika diwawancarai di lantai III perpustakaan umum, Senin (03/09/2011).
Prestasi-prestasi Hasyaf dalam Bidang Fotografer:
          Juara I lomba Fotografi Reveal Himpunan Mahasiswa Arsitektur Unhas 2011.
          Juara I lomba Fotografi Woodsygab gelap terang UNM 2011.
          Juara faforit lomba pada lomba photography Contest Festival Teknologi Informasi dan Robotika 2011.
          Juara III lomba fotografi Pesta Budaya Jepang “Jepang Mix 2011”.
          Juara II lomba fotografi Kampoeng Popsa 2011.
          Juara foto faforit Photografy Contest Arsitecture HMA FT-Unhas 2011.
          Juara I lomba fotografi Kampung IT UMI 2011.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami