Kelas Riset LDRH, Bentuk Mahasiswa Unggul Penulisan KTI

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pemaparan materi oleh Wakil Dekan I FSH, Rahman Syamsuddin pada kelas Riset LDRH di LT FSH, Jumat (28/6/2024). | Foto : Washilah - Nur Hastina (Magang)

Washilah – Lembaga Debat dan Riset Hukum (LDRH) UIN Alauddin Makassar gelar Intensif Kelas Riset dengan tema “Research Forge: Crafting Scholarly Excellence” di Lecture Theatre (LT) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Jum’at (28/6/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FSH,  Dr Rahman Syamsuddin sekaligus sebagai narasumber, dan narasumber lain yakni Dosen Hukum Tata Negara UIN yang juga merupakan konsultan penelitian, Sofyan, dan Reviewer Penelitian Publikasi Dan PKM Perguruan Tinggi Kemenag RI, Fahmi Gunawan.

Kelas riset ini merupakan program kerja LDRH yang juga sudah dilaksanakan sebelumnya, yang tahun ini lebih spesifik pada kepenulisn KTI dan publikasi jurnal agar mahasiswa paham terhadap keunggulan-keunggulan karya ilmiah.

Wadek I FSH, Dr Rahman Syamsuddin menyampaikan melalui materinya bahwa beberapa prosedur penulisan jurnal yang seringkali masih kurang dipahami oleh kebanyakan mahasiswa, padahal penulisan seharusnya beranjak dari latar belakang masalah, bukan fokus pada judul tanpa adanya masalah.

“Saya bahkan membiayai mahasiswa bimbingan saya jika jurnalnya layak untuk diterbitkan, jadi itulah gunanya buku referensi,” ucapnya.

Ketua umum LDRH, Sri Rejeki Asri berharap kampus dapat menjadi wadah yang betul-betul memfasilitasi mahasiswa dalam penelitian, karena banyak sekali sebenarnya mahasiswa yang berminat dalam kepenulisan khusnya jurnal, hanya terhambat masalah biaya.

“Karena hal ini juga berdampak pada akreditasi kampus dan kualitas mahasisws itu sendiri, dan mahasiswa memang perlu untuk dibekali dan didukung dengan kemampuan riset,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa dengan kegiatan ini dapat menjadi karya yang melekat dengan mahasiswa, serta menumbuhkan dan menyadarkan kembali kepada mahasiswa bahwa pentingnya penulisan KTI.

 

Penulis : Nur Hastina (Magang)
Editor: Sriwahyuni

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami