Gelar Penyuluhan, HMJ Ilmu Peternakan Tanggulangi Penyakit Ternak

Facebook
Twitter
WhatsApp
Sesi foto bersama selepas kegiatan penyuluhan peternakan oleh HMJ Ilmu Peternakan di Dusun Bontosuro, Desa Bontomanai, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peternakan UIN Alauddin Makassar menggelar penyuluhan peternakan. Berlangsung di Dusun Bontosuro, Desa Bontomanai, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sabtu (23/6/2024).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 22 sampai 23 Juni 2024 dengan tema “Melangkah Bersama HMJ-IP Mewujudkan Desa Produktif dan Sejahtera dalam Bidang Peternakan.”

Selain penyuluhan untuk memberikan pemahaman manajemen pemeliharaan ternak dengan baik dan benar, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan praktek pakan, pemberian vitamin dan obat cacing gratis bagi para perternak.

Pemateri, Muh Nur Hidayat menjelaskan dalam pembuatan pakan bisa menggunakan bahan dasar urea dengan dosis yang tepat.

“Prosesnya amoniasi yaitu bagaimana pembuatan pakan dengan urea,” tambahnya.

Dosen Jurusan Ilmu Peternakan itu juga memaparkan salah satu penyakit yang sering terjadi pada hewan ternak adalah cacingan dan kembung, hal tersebut dipicu karena ternak tersebut memakan daun.

“Ketika diberikan daun pada ternak harus diteliti karena biasanya ada cacing tertinggal. Bisa kita gunakan buah pinang atau biji pepaya untuk mengatasinya,” ungkapnya.

Ketua HMJ Ilmu Peternakan, Tawakkal Mahmud mengatakan penyuluhan ini rutin dilakukan dari tahun ke tahun. Bontomanai menjadi sasaran utama dalam kegiatan penyuluhan dikarenakan desa tersebut merupakan desa yang ternaknya sering terjangkit penyakit.

“Penyakit seperti kembung, jamur dan penyakit-penyakit umum yang sering terjadi pada ternak,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat di Desa Bontomanai khususnya bagi peternak.

 

Penulis: Nadhilla Putri Hasir (Magang)

Editor: Sriwahyuni

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami