Peringati Hari Buku Nasional, Dema FST Adakan Dialog Literasi

Advertisement

Kedua pembicara, Askar Nur dan Ika Rini Puspita dalam Dialog dan Launching buku di Lecture Theater (LT) FST, Jumat (17/05/2019).

Washilah – Dialog dan Launching buku dengan tema “Mewujudkan Literasi sebagai Semangat Perjuangan,” diselenggarakan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar untuk memperingati Hari Buku Nasional yang berlangsung di Lecture Theater (LT) FST, Jumat (17/05/2019).

Tema yang diangkat pada dialog ini menyangkut suatu keterpurukan literasi yang akhir-akhir ini menggandrungi mahasiswa khususnya di UIN Alauddin Makassar.

Askar Nur selaku ketua Dema U periode 2017/2018, yang baru saja dinobatkan sebagai Duta Literasi UINAM menjadi salah seorang pembicara, selain itu ada juga Ika Rini Puspita yang merupakan penulis buku “Negri 1/2.”

Askar Nur memulai dialog dengan menyampaikan pandangannya tentang peran penting literasi yakni dapat menganalisa banyaknya informasi sehingga terhindar dari hoax.

“Disini arti literasi, menurutnya literasi bukan hanya seputar buku dan menulis, namun bagaimana literasi dijadikan semangat perjuangan. Sambungnya, di zaman milenial masyarakat menjadi peduli karena dengan mudah menyebar informasi penting, disisi lain ia jugalah yang membuat hoax. Maka diperlukan daya analitis, menganalisa informasi agar tidak termakan oleh hoax, disinilah literasi berperan penting,” paparnya.

Pembicara lainnya, Ika Rini Puspita menceritakan alasan ia mulai berkenalan dengan literasi dikarenakan bosan dengan aktivitas perkuliahan yang monoton. Kemudian ia bergabung dalam komunitas kepenulisan lalu muncul kecintaan terhadap literasi.

“Kita harus cinta terhadap literasi, bukannya mengkritik suatu kebijakan untuk keadilan merupakan tanda cinta?,” tutur mahasiswi jurusan Biologi FST ini.

Penulis: Laras Rahmadani
Editor: Dwinta Novelia

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*