Peduli Kemanusiaan, HMJ PGMI Gelar Sekolah Humanis

Advertisement

Foto bersama pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Alauddin Makassar, Kepala Sekolah dan siswa MI DDI Jannatul Fallahi, pada kegiatan Sekolah Humanis, yang berlokasi di Mengngempang Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa, Minggu (19/05/2019).

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar melaksanakan Sekolah Humanis yang mengusung tema “Rekultural Sosial Kemanusiaan Sebagai Upaya Membina Semangat Insan Cita,” yang dirangkaikan dengan Safari Ramadan. Berlokasi di Mengngempang Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa, berlangsung sejak 17 Mei hingga 19 Mei 2019.

Ketua HMJ PGMI, Muh Firman Syarifuddin mengungkapkan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membangun kembali semangat peserta didik dalam menuntut ilmu meskipun sekolah yang di tempati untuk belajar masih perlu dibenahi pasca longsor pada bulan Februari lalu.

“Sekolah Humanis adalah salah satu program kerja HMJ PGMI sebagai bentuk pengabdian masyarakat sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap peserta didik yang ada di MI DDI Jannatul Fallahi yang telah mengalami trauma pasca longsor. Sekolah Humanis ini bertujuan untuk memotivasi peserta didik untuk tetap semangat belajar meskipun fasilitas sekolah masih belum memadai akibat longsor tiga bulan yang lalu,” ungkapnya.

Lanjut, ia juga berharap semoga pemerintah dan masyarakat kampus mampu melirik kondisi sekolah yang berada di daerah tersebut.

“Saya berharap semoga pemerintah dan masyarakat kampus mampu melirik kondisi sekolah tersebut. Sehingga dapat memberikan bantuan untuk mereka yang membutuhkan sebagaimana mestinya melihat peserta didik sangat berantusias dalam mengikuti pembelajaran di sekolah meskipun sekolah yang di tempati masih perlu dibenahi dan buku-buku pelajaran dilengkapi lagi,” harapnya.

Pada kegiatan ini, para pengurus HMJ juga menjadi relawan sebagai tim pengajar untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sekaligus menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Pengurus juga mengadakan bakti sosial di MI DDI Jannatul Fallahi agar peserta didik dapar belajar untuk menjaga kebersihan sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah MI DDI Jannatul Fallahi, Nur Afni mengatakan sangat bangga kepada mahasiswa PGMI yang sempat meluangkan waktuya untuk berkunjung di sekolahnya, meskipun fasilitas sekolah masih belum memadai.

“Saya selaku Kepala Sekolah MI DDI Jannatul Fallahi sangat bersyukur dan sangat bangga karena pengurus masih sempat meluangkan waktunya dan menginjakkan kaki untuk berkunjung meskipun keadaannya masih sangat sederhana sekali. Saya sangat bangga kepada salah satu alumni PGMI Amiruddin S Pd karena keinginannya yang cukup besar untuk membangun kembali semangat peserta didik pasca bencana yang terjadi beberapa bulan yang lalu,” tuturnya.

Citizen Report: Marwa
Editor: Dwinta Novelia

Advertisement

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*