Quraisy Mathar Ungkap Usaha Perpustakaan Bisa Raih Akreditasi A

Kepala UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, Quraisy Mathar

Washilah – Perpustakaan UIN Alauddin Makassar tengah bergembira atas capaiannya meraih akreditasi A. Prestasi itu berhasil diperoleh setelah tiga tahun masa jabatan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan, Quraisy Mathar. Kamis (06/12/2018)

Ia mengatakan, butuh kerja keras untuk memenuhi syarat-syarat akreditasi.

“Kami bermohon ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk mengajukan akreditasi dengan terlebih dahulu mengirimkan instrumen borang secara daring. Setelah diperiksa dan dianggap cukup, maka pihak Perpusnas akan datang langsung dan segera mengirimkan jadwal. Sebaliknya, bila belum memenuhi syarat hanya akan dikirimkan surat rekomendasi apakah akreditasinya tetap sama atau bahkan turun,” jelasnya.

Adapun yang disiapkan saat akreditasi antara lain koleksi, pelayanan perpustakaan, tenaga dan pengelola perpustakaan serta komponen penguat.

Selain itu, menurut Quraisy Mathar, yang paling penting setelah meraih akreditasi itu adalah memperkuat jurnal berlangganan.

“Karya seperti skripsi, tesis, dan disertasi itu sudah otomatis harus terepositori. Tulisan lokal ada poinnya juga, hanya tidak sebesar jurnal berlangganan, khususnya jurnal internasional,” ujarnya.

Ia menegaskan, digitalisasi skripsi telah merata ke semua fakultas. Pengunggahan Karya Tulis Ilmiah (KTI) berlangsung sejak 2015. Namun, pengumpulan KTI dalam bentuk fisik di setiap fakultas tetap ada.

“Saya mendukung untuk keperluan backup data. Jadi backup itu digital ke digital. Kita simpan di server dan satunya dicadangkan di hard disk eksternal dan lainnya disimpan di google drive agar lebih aman. Tapi bila fakultas masih meminta bentuk fisik dari KTI, itu bukan wilayah saya sebab fakultas punya kebijakan sendiri,” tutupnya.

Penulis : Dwinta Novelia Basri

Editor : Desy Monoarfa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*