Mahasiswa UIN Ikuti Sekolah Aliansi Jurnalis Independen Makassar

Redaktur kanal indepth Viva.co.id, ketua bidang gander, anak dan kelompok marjinal AJI Indonesia Endah Lismartini pada kegiatan Sekolah Aliansi Jurnalis Independen Makassar (Sejam), di Warkop Independen, Toddopuli VII. Sabtu (1/12/2018)

Washilah – Sekolah Aliansi Jurnalis Independen Makassar (Sejam) hadirkan seorang Redaktur kanal indepth Viva.co.id,  ketua bidang gander, anak dan kelompok marjinal AJI Indonesia Endah Lismartini.

Mengusung tema “Potret Perempuan Dalam Media dan Penguatan Kapasitas Perempuan,” di Warkop Independen,  Toddopuli VII. Sabtu (1/12/2018)

Kegiatan tersebut dihadiri peserta dari angoota UKM LIMA, LPM Identitas Universitas Hasanuddin (Unhas) dan beberapa mahasiswa jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar.

Menurut Endah, sering kali pemberitaan tentang perempuan di media terjadi bias gander.

“Banyak kasus pelecehan terhadap perempuan, dimana perempuan yang menjadi korban tetapi karena judul yang dibuat oleh media seolah menyudutkan perempuanlah yang bersalah atau dengan kata lain korban yang dikorbankan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Endah menjelaskan bahwa perempuan sering diposisikan kedua atau tidak ada kesetaraan dengan laki-laki. Untuk itu, ia menekankan adanya kesetaraan pada setiap profesi yang ada, baik itu profesi jurnalis maupun profesi lainnya.

Ia menambahkan kalau bukan perempuan sendiri yang saling mengangkat, kapan akan ada perubahan kontruksi sosial perempuan hari ini.

Salah seorang Reporter dan Layouter LPM Identitas, Wandi Janwar mengatakan, bahwa perempuan dan laki-laki dalam media harusnya memiliki derajat yang sama.

“Saya tercerahkan dengan materi tadi bahwa perempuan dan laki-laki sama derajatnya, hanya pengaruh kultur budaya yang sebelumnya terbentuk bahwa laki-laki menduduki posisi pertama dan perempuan berada dibawahnya,” jelasnya.

Penulis : Rahma Indah/Nurul Wahda (magang)
Editor : St Nirmalasari

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*