Kuliah Umum TI Bahas Manfaat dan Mudarat Sosial Media

Pembicara pada kuliah umum yang diselenggarakan Jurusan Teknik Informatika (TI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar bertajuk "Sosial Media, antara Manfaat dan Mudharat Perspektif Qur'an dan Sunnah", di Lecture Theater (LT) FST. Senin (19/11/2018)

Washilah – “Kekuatan dunia ada pada teknologi informasi untuk itu harus dibangun dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kita terjajahn, bagaimanapun kemajuan teknologi, pijakan dasar kita tetap keimanan,” ucap Dekan FST Arifuddin Ahmad pada Kuliah umum yang diselenggarakan Jurusan Teknik Informatika (TI).

Dengan mengusung tema “Sosial Media, antara Manfaat dan Mudharat Perspektif Qur’an dan Sunnah” bertempat di ruang Lecture Theater (LT) FST. Senin (19/11/2018)

Ketua Jurusan TI, Faisal mengatakan tema yang diusung tersebut muncul dari fenomena media sosial saat ini yang pengaruhnya luar biasa.

“Kita melihat, mahasiswa sibuk dengan telephonenya, padahal mereka duduk berdampingan. Kita bisa melihat dampaknya sekarang,” ujarnya.

Sementara, Irfan Syamsuddin dalam materinya memaparkan bahwa sosial media adalah bentuk dari beragam komunikasi elektronik.

“Dengan berbagai fitur yang ditampilkan internet, tidak hanya memberikan informasi tetapi juga berbagi atau sharing informasi satu sama lain,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa  berdasarkan survei di Indonesia tercatat ada 85 persen pengguna di Indonesia menggunakan smartphone, 32 persen menggunakan laptop, 14 persen menggunakan PC dan sisanya menggunakan Tablet.

Irfan melanjutkan, sosial media memiliki manfaat dan mudarat, salah satunya menjalin silaturahim. Dan pada tahun 2008, sosmed di Indonesia mulai menjamur, sementara di Korea, Google, yahoo sudah gulung tikar karena mereka sudah punya fitur mesin pencari baru yang sudah sepaket dengan sosmed.

“Dampak negatif sosmed yakni memberitakan atau membagikan informasi yang tidak pantas, maraknya berita yang tidak tervalidasi, serta dapat menjadi wadah baru bagi cyber crime,” jelasnya.

Penulis : Muhammad Aswan Syahrin
Editor : St Nirmalasari

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*