BEMF Tarbiyah dan Keguruan Adakan Seminar Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Washilah Online- Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ( FTK ) Universitas Islam Negeri ( UIN ) Alauddin Makassar, adakan Seminar Nasional di hotel Lamacca. ( 7/4/2013). 
Seminar Nasional yang bertemakan “Cara Ampuh Merebut Hati Murid” ini sangat diminati oleh para calon-calon guru terbukti dengan pesertanya berjumlahkan kurang lebih 200 peserta dari kalangan mahasiswa maupun guru. Sangat menarik pula dengan hadirnya penulis langsung buku cara Ampuh merebut hati murid”, Joko Wahyono sebagai pemateri.
Dalam pemaparannya, Joko Wahyono mengungkapkan pandangan umumnya mengenai program sertifikasi guru yang seolah untuk meningkatkan kaum muda untuk berprofesi menjadi seorang guru. Ia juga mengungkapkan fakta-fakta tentang dunia pendidikan di Indonesia yang diwarnai banyaknya bentuk kekerasan dan rasa takut para murid-murid.
Joko Wahyono yang kini menjabat sebagai ketua umum Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) cabang Samarinda itu, juga memaparkan berbagai problem-problem yang menghantui dunia pendidikan seperti problem prilaku dan problem classroom management dikalangan pendidik. Untuk mengekan segala bentuk problematika pendidikan.

Joko Wahyono mengungkapkan cara AMPUH yang berisi lima langkah yang bisa digunakan untuk menjadi guru yang penuh integritas dan bisa mengajar dengan hati. Asertif dalam bertindak, Menghargai murid, Pandai membina hubungan baik, Usaha Optimal dan Hindarkan murid dari ancaman dan kekerasan. “ Gunakanlah kata-kata berhasil dan teroptimis jika anda ingin berhasil dan itu terjadi pada saya. Penting menghargai orang agar tidak membuat mereka marah dan berulah.” Akunya.

Selain Joko Wahyono, pembicara lain yang juga dihadirkan yakni Dr Muhammad Yaumi M Hum M A, ketua Learning Centre . Seperti halnya Joko Wahyono, ia pun mengungkapkan tentang macam-macam berpikir dan model pengajaran seperti perlunya model pendekatan, strategi belajar dan mengajar murid, metode, tehnik hingga taktik untuk merebut hati murid agar menerima pembelajaran dengan baik.
“Manusia berpikir dengan lima macam. Berpikir disiplin untuk menggali potensi diri, berpikir sintesis untuk menganalisis orang lain lalu kaitkan dirimu buat hal baru. Berpikir kreatif, berpikir riset untuk penghargaan kita terhadap orang lain dan berpikir etis terhadap sikap tidak dengki.” Jelasnya.
Antusiaime peserta seminar terlihat dalam menyimak penjelasan kedua pemateri, terbukti dengan semangat peserta seminar banyak yang mengacungkan tangan ingin bertanya pada sesi Tanya-jawab akhir acara.
“Saya sangat puas dengan Seminar Nasional yang diadakan oleh BEMF Tarbiyah. Bukan hanya cara Ampuh dan macam-macam berpikir yang dijelaskan oleh kedua pemateri tetapi juga video motivasi yang menggelikan yang memiliki makna untuk tidak mengecilkan orang lain dimata kita yang sangat saya sukai,” Ungkap Raidah Mahirah salah seorang peserta seminar.
Boleh dikatakan bahwa acara Seminar Nasional ini tergolong sukses dengan kesiapan yang sangat matang dari para pengurus BEMF Tarbiyah dan Keguruan dan para panitia pelaksana Seminar Nasional Cara Ampuh Merebut Hati Murid seperti yang dikatakan oleh Dr Yaumi “Kegiatan semacam ini mendatangkan tokoh sekelas Joko Wahyono yang telah berpengalaman selama 28 tahun di dunia pendidikan sangat langkah. Sudah makan garam dan asam dalam proses menjadi seorang guru awalnya,” tuturnya, panitia pelaksana di ahkir acara.(*)
Reporter : Suciana Adam
Editor : Azhar 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami