Faktor Penyebab Islam Tak Pernah Bersatu di Mata Anhar Gonggong

Facebook
Twitter
WhatsApp

Selasa, 02/01/2011 | Suryani Musi
Dari kiri, Dr Gonggong dan moderator Drs Soraya  M Pd
Washilah Online-Islam kian hari kian terpecah. Apa yang salah dari fenomena tersebut? Hal tersebut juga merupakan bagian dari tanda tanya besar yang dibahas di acara seminar yang dilaksanakn oleh jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universiats Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa (02/01/2011).
Acara tersebut mendatangkan budayawan, Dr H Anhar Gonggong di acar yang bertema Menata Masyarakat Indonesia yang Multikultural dalam Konteks Kekinian di Gedung Lecture Teater (LT) FAH.
Jika saat ini seringkali Islam diklaim tak pernah bersatu, menurutnya, itu karena tidak ada kekuatan politik di dalamnya.
“Di Sulawesi Selatan tidak bisa dibentuk ke dalam Sarekat Islam karena tidak ada kekuatan politiknya. Dari dulu hingga sekarang tidak pernah ada partai politik yang menang,”paparnya.
Ia berusaha mememberikan pemahaman kepada peserta yang berjubel di gedung LT untuk melihat realita yang ada.
“Saya cuma ingin menantang Anda, Islam dari segi penduduk memang menag. Tapi, nyatanya dari segi politik kalah. Mseki tidak terlepas, tidak ada politik yang tidak curang,”tambahnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami