KSR Gelar Aksi Donor Darah

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan | Suryani Musi
Washilah Online-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 107 UIN Alauddin Makassar menggelar aksi donor darah di lapangan futsal Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Rabu (16/06/2011).
Aksi donor darah ini merupakan rangkaian dari program kerja KSR itu sendiri. Menurut Intan, Kepala Divisi Humas menyatakan bahwa kegiatan akan biasanya diadakan tiga kali dalam satu tahun.
“Untuk menjadi seorang donor darah, tidak semua orang bisa karena harus memenuhi kriteria tertentu meskipun mereka mau. Biasa ratusan yang mendaftar tapi cuma sebagian kecil yang berhasil lolos,” kata Intan.
Siapa saja yang boleh menjadi donor darah? Siapa pula yang tidak boleh mendonorkan darah?
Syarat-Syarat untuk menjadi donor darah yakni umur 17-60 tahun, berat badan Min 45 Kg, temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat C (Oral), tekanan darah, sistole : 110 – 160 mmHg, diastole : 70 – 100 mmHg, denyut nadi 50 – 100 permenit, haemoglobin. Wanita min 12 gr %, Pria min 12,5 gr %.
Seseorang tidak boleh menyumbang darah pada keadaan pernah menderita hepatitis B, dalam jangka waktu 6 Bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis, dalam jangka waktu 6 bulan sesudah transfusi darah, dalam jangka waktu 6 bulan sesudah ditato / tindik telinga, dalam jangka waktu 72 Jam sesudah operasi gigi, 6 bulan sesudah operasi kecil, dan 12 bulan sesudah operasi besar, dalam jangka waktu 24 Jam sesudah vaksinasi polio, Influenza, Chlorea, Tetanus dipteria atau rabies profilaksis, dan sejumlah penyakit lainnya.
“Sejak mahasiswa baru (Maba) saya belum pernah sekalipun bisa donor darah karena haemoglobin saya rendah dan belum pernah terpenuhi, apalagi misalnya prempuan yang tiap bulan haid,” kata Intan.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami