Fadel Muhammad : Demo itu Berasal dari Kesalahan Kita

Facebook
Twitter
WhatsApp

Selasa, 14/06/2011 | Suryani Musi

Washilah-Demo yang terjadi akhir-akhir ini yang marak dilakukan oleh mahasiswa Makassar bahkan telah diketahui oleh orang luar negeri menurut Prof Dr M Sattu Alang peserta Temu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Indonesia Timur yang dilaksanakan di gedung Training Centre Universitas Islama Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa (14/06/2011).
Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan yang ikut hadir dan memberikan kuliah umum dan dilanjutkan dialog menyatakan bahwa salah satu factor terjadinya demo adalah dari mereka sendiri yang terdemo.
“Jika mereka melakukan demo, itu artinya kesalahan itu bersal dari kita sendiri dan kita tidak boleh mencegahnya, kita harus memperhatikan mereka supaya mereka tidak semakin liar dan anarkis. Semakin ditekan, mereka akan semakin anarkis, ” kata Ir Fadel Muhammad.
Dan, kepada mahasisawa ditekankan bahwa untuk menjadi seorang leader yang sukses di masa yang akan datang ada dua kunci untuk itu, yakni menyeimbangkan antara kegiatan kurikuler dan kegiatan nonkurikuler.
“Demo itu perlu. Mereka butuh komunikasi. Mereka demo karena ada yang salah pada kita. Pada sistem yang kita bangun. Kita butuh mereka untuk terobosan segar,” tambahnya.
Prof Kasim Mattar menambahkan bahwa untuk demo berani saja belum cukup akan tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan.
“Demonstrasi yang berani dan tidak cerdas itu yang sangat menjengkelkan public. Karena hanya menggangu publik saja,” kata Prof Kasim Mattar.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami