Tumbuhkan Semangat Berwirausaha Melalui Seminar Nasional HMJ Ekonomi Islam

Terlihat Ayu Ruqqyah Yunus (kiri) sedang memandu jalannya acara yang dihadiri oleh Lutfi Adhiansyah Mufti (tengah) selaku CEO dan Founder PT. Ammana Fintek Syariah serta Nasir Hamzah (kanan) seorang guru besar fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) dalam seminar nasional yang berlangsung pada Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Kamis (04/10/2018)

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) memberikan inovasi serta pengajaran melalui seminar bertajuk “Teknopreneur Berbasis Ekonomi Syariah Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

Seminar yang berlangsung di Aula FEBI itu menghadirkan guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Nasir Hamzah dan CEO dan Founder PT. Ammana Fintek Syariah, Lutfi Adhiansyah Mufti. Kamis (04/10/2018)

Dalam pemaparan materinya Hamzah Nasir menjelaskan mengenai langkah-langkah menjadi seorang wirausaha.

“Tipsnya adalah ketika anda ingin berwirausaha yaitu terjunlah dulu ke pasarnya lalu cek apakah sebenarnya yang dibutuhkan oleh pasar kemudian anda membuat produknya,” tegasnya.

Lanjut, ia mengatakan ada lima hal di dalam berwirausaha yakni pimpinan, modal, produk, media sosial dan pasar.

Berbeda dengan itu, Lutfi Adhiansyah Mufti menjelaskan mengenai industri 4.0.

“Industri sebelumnya yaitu 1.0 dimana teknologi menggunakan tenaga uap, kemudian 2.0 di produksi massal dan berubah menjadi energi listrik, 3.0 listrik menjadi sistem IT yang otomatis, kemudian saat ini 4.0 teknologi cyber fisik,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Fintek syariah merupakan bagian besar dari Islamic economic, dimana kita satukan persepsi dulu, kemudian membentuk sebuah produk yang sangat terikat dengan syariat.

Adapun tips sukses Enterpreneur Syariah Amanna diawali dengan usaha, terlebih dulu pelajari syariahnya kemudian praktek di lapangan. Karena kebanyakan orang saat ini langsung terjun di dalamnya tanpa mengetahui syariat atau akad-akad yang ada dalam syariah itu sendiri.

Penulis : Ekha Rahmadani (magang)
Editor : St Nirmalasari

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*