Tips Memilih Indekos Bagi Mahasiswa Baru

Int.

Oleh : Indah kurnia lestari

Setelah lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Mahasiswa Baru (Maba) akan disibukkan dengan mencari hunian baru atau biasa kita dengar indekos, untuk dijadikan hunian selama menempuh pendidikan kurang lebih empat tahun.

Agar mendapatkan hunian yang diinginkan, berikut beberapa tipsnya :

1. Jarak dari indekos ke kampus dekat

Untuk menghemat atau mengurangi biaya ada baiknya jika jarak indekos ke kampus tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki, juga menghindari terlambat ke kampus.

2. Keamanan

Ketika memilih indekos ada baiknya memperhatikan keamanan lingkungan, seperti pentingnya ada yang bertugas dalam keamanan penghuni indekos dan memasang kamera CCTV sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Fasilitas

Seringkali dalam memilih indekos banyak yang menginginkan fasilitas lengkap seperti wc dalam, dapur dalam, kipas angin dan tempat tidur, namun itu jarang ditemukan. Kalaupun ada, biayanya sangat fantastis dan jaraknya jauh dari kampus.

4. Biaya

Seringkali terjadi ketidakcocokan dalam hal biaya, ada pemilik yang menerapakan biaya tinggi namun tidak sesuai fasilitas, ada pula yang sedang mencari indekos dengan fasilitas lengkap namun tidak sesuai dengan kantongnya.

Jadi sebaiknya memilih indekos yang murah dan nyaman sehingga mampu mengurangi beban orang tua.

5. Strategis

Sangat baik jika indekos kita tempatnya strategis agar memudahkan kita jika ada keperluan misalnya dekat dengan Masjid sehingga memudahkan melakukan salat berjamaah, Minimarket dan jalan raya agar mudah menemukan angkutan umum.

6. Memilih indekos yang khusus

Dalam memilih indekos harus berhati-hati dan harus selektif, usahakan tidak tergabung antara kamar putra dan kamar putri sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

Dan hal ketidaknyamanan khususnya bagi putri yang tidak suka dengan asap rokok dan suara musik yang sangat keras dan merasa risih jika banyak kaum adam yang sedang berkumpul.

Inilah tips sederhana dalam memilih indekos yang nyaman dan aman agar tidak menyesal dan tidak berpindah-pindah tempat. segera tentukan indekos pilihanmu, sebelum proses perkuliahan dimulai.

*Penulis merupakan jurusan Jurnalistik Fakuktas Dakwah dan Komunikasi (FDK) smester II

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*