Tips Jago Public Speaking

Ilustrasi | Muhammad Fepi

Oleh : Muhammad Fepi 

Apakah anda pernah berbicara di depan umum? Entah itu di kelas, di masjid atau lainnya.

Kadang kalau lagi bicara di depan orang lain, problemnya biasa kita ditinggal pergi begitu saja atau bahkan mereka bicara sendiri, hal itu memang bikin jengkel.

Sebenarnya audiensi tidak dapat disalahkan dalam hal itu, tetapi kita selaku pembicara tidak mampu menguasai audiensi karena tidak menariknya cara pembawaan kita saat berbicara.

Nah, biar tidak dicuekin kalau lagi bicara, ayo gunakan cara ampuh jago public speaking berikut ini:

1. Persiapkan diri anda

Perasaan gugup dan grogi itu normal, dan pasti akan menyelimuti perasaan anda saat menjadi pembicara, bahkan pembicara berpengalaman sekalipun terkadang masih gugup dan grogi.

Namun cara mengatasinya ialah dengan mempersiapkan diri anda dengan baik, mulai penampilan sampai materi yang ingin disampaikan dan juga tenangkan diri anda.

2. Luruskan kaki dan tegakkan badan

Audiensi akan malas bila melihat posisi asal-asalan saat berbicara, dengan meluruskan kaki saat berdiri, tentu audiensi akan turut semangat.

Jangan lupa tegakkan badan sebagai bukti kesiapan diri anda saat berbicara.

3. Berikan senyuman

Dari sisi psikologis, senyum akan mendatangkan rasa senang dan gembira.

Dengan memberikan senyuman terhadap audiensi, hal itu mampu menjadi modal utama agar audiensi merasa nyaman mendengarkan kita.

4. Lebarkan mata ke audiensi

Selain senyum, kita perlu membuka mata ke audiensi, cukup dengan melebarkan sedikit dari ukuran mata kita.

Apabila anda membawa teks/kertas saat berbicara maka sekiranya anda mampu melihatnya silih berganti ke audiensi, hal itu mampu membuat audiensi merasa dihargai.

5. Memulai dengan tegas dan variasi intonasi

Berikan kesan pertama saat berbicara diawal dengan menyapa audiensi dengan tegas dan juga mainkan variasi intonasi suara, jangan monoton saat berbicara.

6. Gerakkan tangan

Hal monoton saat berbicara di depan umum dan membuat audiensi merasa tidak nyaman salah satunya ialah ketika pembicara hanya asyik berbicara tanpa melakukan gerakan tangan, padahal gerakan tangan mampu menegaskan sebuah informasi yang sedang disampaikan.

7. Teruslah berlatih

Teruslah berlatih, terus berbicara sesering mungkin dalam forum-forum resmi.

Semakin banyak pengalaman anda menjadi pembicara, maka semakin anda banyak belajar, dan anda akan menemukan strategi jitu untuk menjadi jago public speaking.

 

*Penulis merupakan mahasiswa jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) semester II

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*