Seminar Nasional Zakat Jadi Rangkaian Milad Forkeis

Foto bersama usai kegiatan seminar nasional zakat dalam rangka milad Forkeis ke 9

Washilah – Peringatan Milad ke-9 Forum Kajian Ekonomi Islam (Forkeis) dirangkaikan dengan seminar nasional bertajuk “Urgensi Zakat Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Umat”. Kegiatan itu bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan lembaga amil zakat. Berlangsung di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Kamis, (19/07/2018)

Ketua panitia, Adi Nurhani Mufrih mengatakan, demi menyukseskan milad, pihaknya bekerja sama dengan beberapa lembaga zakat yang ada di Jakarta.

“Kami melakukannya agar milad Forkeis semarak. Setiap tahun harus selalu beda konsepnya,” terangnya.

Sementara itu, Ainul Fatha Isman dalam materinya mengatakan, zakat adalah salah satu instrumen untuk memecahkan masalah kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Merujuk kepada sejarah, adanya suatu daerah yang sejahtera karena seorang khalifah menjadikan zakat sebagai sumber utama penghasilan negara,” jelasnya.

Ia menambahkan, bila zakat dijadikan fokus kesejahteraan, lama kelamaan masyarakat tidak ada lagi yang ingin menerima zakat karena sudah merasa mampu dan cukup sehingga yang sebelumnya banyak menjadi mustahik kini semuanya menjadi muzaki.

“Sejarah telah mengambarkan kepada kita bagaimana zakat menjadi sumber utama penghasilan bagi negara,” tutupnya.

Penulis : Silvira (Magang)

Editor : Desy Monoarfa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*