Tips Mudik Sederhana Agar Dompet Tetap Berbobot

Oleh : Sulastri

Hari kemenangan Idulfitri sudah di depan mata, momen yang dinanti untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Kesibukan duniawi yang menyita waktu akan terganti indahnya melingkar diruang tamu sambil mencicipi kue khas lebaran bersama keluarga.

Itulah alasan mengapa tradisi mudik menjadi suatu kewajiban bagi perantau yang sedang berkerja mengumpulkan pundi-pundi rupiah atau pun bagi kalangan mahasiswa sibuk kuliah, suasana dimana rindu yang terkekang akan terkenang.

Nah, tanpa mengurangi bahagia yang tak lama akan menyapa, karena berbagai persiapan mudik yang tak bisa kita pungkiri akan menyita banyak waktu, tenaga bahkan banyak dana yang dipakai diperjalan mudik atau pun setelah mudik serta oleh-oleh seperti parsel ataupun sepasang baju baru bagi sanak keluarga yang setia menanti.

Biasanya setelah mudik lebaran, banyak orang yang mengalami defisit anggaran. Maka, untuk menghindari hal tersebut terjadi ketika mudik lebaran, perhatikan beberapa tips sederhana untuk menghemat pengeluaran selama mudik dibawah ini dengan cara menata anggaran sebaik mungkin, berikut tipsnya :

1. Rencanakan semua pengeluaran sesuai anggaran yang tersedia selama mudik lebaran mulai dari biaya transportasi dalam perjalanan saat mudik, menyiapkan obat-obatan sendiri, persiapan hadiah lebaran serta sisihkan secukupnya dana yang akan dipergunakan ketika berada di kampung halaman.

2. ‌Agar tagihan tidak membengkak, utamanya saat rumah ditinggal mudik. cabut semua peralatan yang tidak digunakan dari stopkontak, berupa kulkas, televisi, pompa air, dan kabel-kabel lainnya. jika biasanya steker tidak dicabut justru secara perlahan dan tidak terasa akan membuat tagihan listrik makin membengkak. Hal tersebut juga membantu kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

‌3. Dengan membawa bekal berupa cemilan dan makanan berat, kemudian kemas dalam Tupperware, jangan lupa menyiapkan minuman seperti air putih dan kopi/susu demi menjaga badan tetap bugar dalam perjalanan mudik. ini dapat menghemat pengeluaranmu agar tidak jajan saat ditengah perjalanan mudik. selain itu, keuntungan membawa bekal sendiri adalah kebersihan dan rasanya yang akan lebih terjamin.

4. Agar kantong kamu tidak kering alias dompet kamu tidak kosong setelah mudik lebaran, paling tidak sisihkanlah dari total anggaran yang akan digunakan untuk lebaran ke dalam tabungan sebagai kebutuhan selepas mudik dan sekembalinya ke perantauan.

Nah, Itulah tips sederhana yang ampuh menjaga stabilnya anggaran agar proses mudik kamu bisa berjalan lancar. Selamat merencanakan perjalanan mudik. Hati senang, kantong tetap aman.

*Penulis merupakan mahasiswa jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) semester II

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*