Tips Mudik Ala UKM LIMA

Ilustrasi | Faisal Mustafa

Oleh : Ardi 

Mudik adalah kegiatan yang dilakukan oleh perantau untuk kembali ke kampung halaman, yang setiap tahun dilakukan menjelang hari raya besar misalnya menjelang lebaran.

Khususnya bagi mahasiswa-mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang berada di Makassar, tentunya tak ingin melewatkan momentum tersebut, berkumpul bersama keluarga saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

Untuk itu agar menghindari berbagai macam masalah sebelum mudik nantinya, teman-teman harus mempersiapkan serta memperhatikan apa-apa saja yang harus dilakukan.

Berikut ini kami bagikan tips kepada pembaca sekalian agar nantinya Perjalanan mudik anda lancar tanpa hambatan dan gangguan.

1.  Rumah/Indekos dalam keadaan aman

Pastikan sebelum pulang periksa barang-barang berharga anda. simpan di tempat yang aman kalau bisa bawa pulang untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Serta jangan lupa kunci rumah/Indekos anda.

2. Cek kendaraan anda

Sebelum mudik hal penting yang harus teman lakukan yaitu dengan memeriksa rem, ban motor/mobil kendaraan teman-teman dan pastikan bensin penuh.

3. Daftar barang bawaan

Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang apa saja yang ingin dibawa, utamakan barang-barang penting. Ceklis barang yang telah siap untuk meminimalisasi kemungkinan lupa.

4. Kondisi tubuh.

Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat.

5. Berdoa

Dan yang terakhir Sebelum memulai perjalan mudik, jangan lupa berdoa agar diberi kesehatan, kelancaran agar sampai di tempat tujuan dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Nah, itulah sedikit tips yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga mudik perjalanan yang ditempuh dapat berjalan dengan lancar, Amin.

 

*Penulis merupakan mahasiswa jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) semester IV

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*