Mudik Lebaran dengan Bus, Aman dan Hemat

Ilustrasi | Viviana Basri

Oleh : Viviana Basri

Mudik lebaran sudah merupakan musim bagi perantau khususnya mahasiswa (i) yang jauh dari orang tua. Kembali ke kampung halaman memang menjadi hal yang menyenangkan, terlebih saat ini kita menantikan lebaran idul fitri bersama keluarga dan bersilaturahmi dengan teman-teman.

Ada banyak macam alternatif kendaraan yang akan digunakan oleh mahasiswa (i) salah satunya adalah bus.

Berikut info dan tips aman serta tidak mengeluarkan banyak biaya bagi mahasiswa pengguna bus.

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Pada mudik lebaran kali ini, harga tiket bus di setiap terminal akan mengalami peningkatan harga di karenakan memanfaatkan musim penumpang. Sebaiknya kalian memesan tiket jauh jauh hari sebelum kembali ke kampung halaman, selain karena tiket murah kalian dapat memilih tempat duduk yang menurut kalian nyaman.

2. Bawa barang secukupnya

Ada baiknya kalian membawa barang yang hanya diperlukan, sesuai dengan kegiatan kalian di kampung halaman. Tas yang kalian gunakan sebaiknya digembok, karena tas tersebut akan disimpan di bagasi bus agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang. Sisihkan beberapa lembar uang di saku kalian untuk pengeluaran tak terduga.

3. Siapkan bekal

Sebelum berangkat kalian siapkan makan dan minum dari kontrakan/indekos untuk mengisi perut lapar saat perjalanan. Dengan melakukan hal ini, kalian tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk belanja di perjalanan. Karena untuk perjalanan jauh, bus akan berhenti di warung makan sekitar 20 sampai 30 menit.

4. Membawa jaket dan obat-obatan

Jika jadwal bus kalian di malam hari, biasanya Air Conditioner (AC) pada bus akan aktif sehingga kalian akan sangat membutuhkan jaket dan beberapa obat-obatan untuk kenyamanan pribadi.

5. Perhatikan kontrakan/indekos

Sebelum ke terminal, sebaiknya kalian perhatikan keamanan di setiap pintu dan jendela, amankan barang-barang di luar kontrakan/indekos, matikan instalasi listrik, jika kalian memiliki kulkas sebaiknya keluarkan isi kulkas agar tidak membusuk saat mematikan instalasi listrik, dan buang sampah yang ada pada kontarakan/indekos kalian untuk menghindari bau busuk selama mudik lebaran.

6. Ke terminal lebih awal

Biasanya bus yang dipesan akan tiba 10 menit sebelum keberangkatan. Sebaiknya kalian datang 15 menit lebih awal agar tidak memakan banyak kepanikan dan bisa mengatur barang bawaan kalian lebih cepat.

7. Kenali titik berhenti bus

Selama perjalanan rasa kantuk akan selalu datang, untuk mengantisipasi agar tidak melewati titik berhenti bus sesuai tempat tinggal, kalian sebaiknya menyampaikan kepada petugas dalam bus mengenai titik berhenti kalian. Mereka akan selalu mengecek data kalian nantinya. Untuk titik berhenti yang nyaman, disarankan kalian memilih tempat yang ramai agar tidak terjadi yang tidak diinginkan terutama pada mahasiswi dan sebaiknya kalian dijemput oleh kenalan yang terpercaya untuk menuju ke rumah kalian.

8. Foto, musik dan buku

Agar perjalanan kalian lebih menyenangkan, kalian bisa mendengarkan musik selama perjalanan, selain musik kalian juga bisa mencari spot terbaik. untuk koleksi foto, ataupun membaca buku, selama membaca dalam bus tidak membuat kepala kalian pusing, karena setiap tipe penumpang berbeda.

Nah, itu beberapa info dan tips untuk kalian yang akan mudik lebaran. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan selamat sampai kampung halaman masing-masing readers.

 

*Penulis merupakan mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi (FST) semester IV

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*