Cara Aman Mudik dengan Sepeda Motor

Ilustrasi | Muhammad Fepi
Oleh: Muhammad Fepi
Mudik identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari besar keagamaan misalnya lebaran. Memasuki akhir Ramadan, banyak masyarakat kita yang memanfaatkan libur panjang dengan pulang ke kampung halaman.
Alternatif kendaraan yang menjadi biasa digunakan saat mudik adalah sepeda motor, meski kendaraan beroda dua itu bukan angkutan yang ideal untuk melakukan perjalanan jauh.
Menggunakan kendaraan bermotor memang menjadi hal yang lumrah sejak dahulu. Tapi, masih banyak orang yang belum menyadari keselamatan dan kenyamanan saat memilih sepeda motor untuk mudik. Kadang, pengendara mengabaikan persiapan dan kelayakan alat transportasi tersebut.
Persiapan yang dilakukan sebenarnya tidak sulit, namun perlu diperhatikan dengan baik oleh pengguna. Nah, berikut tips aman dan nyaman mudik menggunakan sepeda motor:
1. Tidur minimal 8 Jam

Banyak kecelakaan yang terjadi pada pengendara kendaraan bermotor disebabkan oleh faktor kantuk. Apalagi bila perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Untuk itu, diperlukan fisik yang prima agar perjalanan tak terhambat. Anda bisa mencobanya dengan tidur yang cukup minimal 8 jam.

2. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, sempatkan waktu untuk mengecek kendaraan yang akan anda gunakan. Pastikan seluruhnya bekerja dengan normal, mulai dari rem, lampu ban, busi, hingga rantainya.
Ada baiknya kendaraan anda di servis terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mudik. Selain itu, jangan lupa surat-surat kendaraan anda.
3. Menggunakan perlengkapan safety riding
Anda dapat mempersiapkan perlengkapan safety riding ketika menggunakan sepeda motor di antaranya, helmet, jaket, sepatu, celana, sarung tangan, knee protector dan elbow protector, rompi pelindung dada dan penutup hidung.
4. Menepi saat merasa lelah
Melakukan perjalanan jauh tidak hanya menguras energi, tetapi konsentras juga perlahan akan berkurang. Karena itu, untuk mencegah keduanya saat berkendara, anda bisa menepi sejenak untuk beristirahat.
5. Tentukan rute perjalanan
Yanh tidak kalah penting lainnya adalah menentukan rute perjalanan yang akan ditempuh. Setiap perjalanan tentu akan ada risikonya.
Saat ini, perkembangan teknologi akan sangat membantu anda dalam memilih rute dengan aplikasi peta online.
6. Hati-hati
Keluarga memang menanti kepulangan anda, tapi mereka tentu ingin melihat anda datang dengan selamat. Karena itu, jangan tergesa-gesa di jalan.
Nikmati perjalanan dan jangan memaksakan diri. Istirahat jika terasa lelah atau mengantuk. Ini penting agar anda selamat sampai ke kampung halaman. Selamat mencoba.
Penulis : Muhammad Fepi
Editor: Desy Monoarfa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*