Delegasi UIN Alauddin Makassar di Piala MA 2018

Delegasi UIN Alauddin Makassar dalam Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional, Piala Mahkamah Agung XXI di Universitas Sriwijaya.

Oleh : Herianto bin Amiruddin

Ada yang menarik saat bertemu para mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang meraih juara dua umum dalam Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional, Piala Mahkamah Agung XXI di Universitas Sriwijaya, Palembang (9-12/2).

Semuanya tampil dengan style rambut tersendiri. “Kata Ketua delegasi FSH Herianto bin Amiruddin, ia memang bernazar, jika berhasil menggondol juara, maka dia akan cukur botak atau pendek ala pewira Militer. Sedangkan bagi anggota perempuan ada yang mengatakan bakal puasa jika mendapatkan juara,” kata Alfian Maulana Malik, salah seorang anggota tim saat ditemui di FSH.

Perlu diketahui Kompetisi Peradilan Semu Pidana 2018 atau National Moot Court Competition (NMCC) digelar oleh Asian Law Student’s Association (ALSA) National Chapter Indonesia.

Nazar para mahasiswa FSH ini bukan tanpa sebab, pasalnya FSH sudah sering turut berpartisipasi dalam kejuaraan peradilan semu, tetapi belum pernah menjadi juara. Kegembiraan ini makin lengkap dengan diraihnya predikat Majelis Hakim Terbaik, Panitera Terbaik dan Penasehat Hukum Terbaik di babak penyisihan.

Majelis Hakim Terbaik diraih oleh Muh Kurniadi Asmi, Megawati, dan Ahmad Akbar Maulana, Panitera terbaik diraih oleh Ulfatus Salihah, sedangkan Penasihat Hukum terbaik diraih oleh Agus Setiawan dan Iot Wiwiq Harpikasari. Dan yang lebih membanggakan lagi, Megawati, Ahmad Akbar Maulana, Agus Setiawan dan Iot Wiwiq Harpikasar adalah mahasiswa angkatan 2016.

Para mahasiswa yang bertanding di kampus Universitas Sriwijaya pantas berbangga. Sebab kerja keras dan latihan selama enam bulan berbuah manis.

“Alhamdulillah kerja keras kami terbayarkan, persiapan lomba berupa latihan rutin yang kami lakukan mulai bulan September berbuah juara. Walaupun selisih poin tim kami dengan tim juara I hanya selisih 50 angka saja, tapi kami tetap bersyukur atas prestasi ini,” tambah Rahman Syamsuddin SH MH salah satu Dosen official team.

Ketua Delegasi Herianto bin Amiruddin menceritakan suka duka pengalaman yang dirasakan selama mempersiapkan lomba. 16 anggota tim yang merupakan anggota ALSC FSH harus meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran ekstra untuk dapat memberikan penampilan terbaik. Sehingga tidak hanya fisik saja yang ditempa, namun juga mental dari setiap anggota. Beberapa hambatan yang datang juga tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap maju hingga menjadi juara.

“Karena waktu latihan kami biasanya mulai pagi sampai ketemu pagi lagi, maka kami harus merelakan waktu bersama orang-orang tersayang, tidak ada waktu weekend, tidak ada waktu nongkrong, waktunya libur tidak pulang kampung, bahkan yang pacaran jadi putus juga ada,” cerita ketua Delegasi dengan wajah yang sedikit tertawa sembari mengenang perjuangan yang telah mereka lakukan.

Saat lomba digelar, penampilan apik dari tim ALSC FSH UIN Alauddin Makassar mendapatkan apresiasi dari para juri. “Dewan juri yang berasal Pengadilan Tinggi Sumatera Selatan menyampaikan bahwa dibandingkan dengan tim lain, penampilan tim kami yang paling terkesan natural dan mengalir seperti sidang yang sesungguhnya. Juri juga menilai, watak dan karakter masing-masing anggota tim yang sangat beragam sehingga memberikan nilai plus bagi kami,” tambah Alfian Maulana Malik Selaku Anggota Tim delegasi serta, pelatih tim ALSC FSH UIN Alauddin Makassar.

Ajang ini diikuti oleh 14 Fakultas Hukum Perguruan Tinggi se-Indonesia, diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tarumanegara, Universitas Trisakti, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Islam Alaudin Makassar, Universitas Padjajaran, dan Universitas Islam Indonesia.

Tim ALSC FSH UIN Alauddin Makassar berharap bahwa kemenangan ini bisa jadi titik tolak bagi mereka untuk bisa berprestasi lebih baik lagi dan memberikan semangat baru khususnya bagi para junior-junior yang akan mengikuti lomba di tahun berikutnya. Tim juga berkomitmen akan mempersiapkan lebih lagi untuk NMCC XXII tahun 2019 mendatang yang akan diadakan di Purwakerto.

Berikut nama anggota tim delegasi ALSC FSH Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar :

1. Herianto bin Amiruddin (2015) – Ketua tim delegasi
2. Alfian Maulana Malik (2014)
3. Muh Kurniadi Asmi (2014)
4. Agus Setiawan (2016)
5. Nata Haryanto (2016)
6. Reza Anugerah Razak (2016)
7. Ahmad Akbar Maulana (2016)
8. Hannat Walladat Maryam (2016)
9. Hikmatul Adhiyah Syam (2016)
10. Megawati (2016)
11. Ayu Andira (2016)
12. Evi Almanafia (2016)
13. Feby Reski Utami (2016)
14. Ulfatus Salihah (2015)
15. Miftahul Jannah (2016)
16. Iot Wiwiq Harpikasari (2016) 

*Penulis merupakan mahasiswa jurusan Hukum Pidana dan Ketatanegaraan (HPK) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Semester IV

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*