Mahasiswa FST Sabet Juara III Lomba KTI Epsilon 2018

Foto bersama pemenang Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada ajang Engineering Physics For Environmental Innovation (Epsilon) 2018 yang diadakan oleh Departemen Teknik Nuklir dan Fisika (DTNF) Fakultas Teknik (FT) di Universitas Gajah Mada (UGM). Jumat (27/04/2018)

Washilah – Kolaborasi Mahasiswa Jurusan Fisika dan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar meraih juara III umum pada Engineering Physics For Environmental Innovation (Epsilon) 2018 kategori Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang diadakan oleh Departemen Teknik Nuklir dan Fisika (DTNF) Fakultas Teknik (FT) di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Jumat (27/04/2018)

Kegiatan tersebut bertajuk “Ragam Teknologi Energi Berbasis Lingkungan” dengan tiga sub tema, salah satu yang diangkat adalah “Pendayagunaan Limbah Sebagai Sumber Energi Terbarukan,” yang dipresentasikan pada tanggal 20-21 April silam.

Salah seorang mahasiswa jurusan Kimia Heri Heriyono mengungkapkan pemilihan tema tersebut karena saat ini cadangan minyak bumi sudah hampir habis.

“Dengan kekayaan alam yang ada di Indonesia kami mencoba untuk mencari solusi agar konsumsi energi ini tdk sepenuhnya bergantung dengan bahan bakar fosil, untuk itu kami ingin memanfaatkan limbah sebagai sumber energi terbarukan,” ujarnya.

Lanjut ia juga menjelaskan dimana pada proses pengumpulan abstrak ada kurang lebih 300 tim dari seluruh universitas se-Indonesia, kemudian pada tahap full paper terdapat 180 Tim dan tahap pengumuman finalis hanya lima tim yang berhak mempresentasekan karya.

Senada dengan hal tersebut mahasiswa jurusan Fisika Achmad Nasyori mengatakan sudah lama melakukan persiapan.

“Untuk persiapannya sendiri sudah dirancang diawal semester, ini juga berkat dosen pembimbing yang selalu mendukung kami dan memberi motivasi,” ucapnya.

Penulis : St Nirmalasari 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*