Berikut Ini Jalur Masuk UIN Alauddin Tahun 2018

Washilah – Di tahun akademik 2018/2019, UIN Alauddin Makassar akan menerima mahasiswa baru melalui enam jalur pendaftaran. Kamis (08/02/2018)

Enam jalur tersebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Ujian Masuk Mandiri (UMM), dan Ujian Masuk Khusus (UMK) untuk 52 jurusan yang ada.

Dibukanya enam jalur pendaftaran, bertujuan agar dapat memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan prestasi akademik tinggi, untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Untuk jalur SNMPTN, UIN Alauddin Makassar terdaftar untuk 14 jurusan. Yaitu Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Kimia, Matematika, Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Peternakan, Sistem Informasi, dan Pendidikan Dokter.

Sedang untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) SNMPTN telah ditetapkan pada 13 Januari-10 Februari. Setelah itu berlanjut ke tahap pendaftaran pada tanggal 21 Februari-6 Maret, dan pengumuman hasil seleksi pada 17 April 2018.

Adapun untuk jurusan yang akan diterima melalui jalur SBMPTN, sama halnya dengan SNMPTN. Yang berbeda hanya prosedur pendaftarannya karena harus melalui ujian tertulis. Untuk jadwal pendaftarannya, akan dimulai pada tanggal 5-27 April. Setelah itu tes tertulis pada 8 Mei, dan pengumuman pada 3 Juli 2018.

Ketiga, yaitu SPAN-PTKIN yang menjadi jalur pendaftaran untuk 37 jurusan. Diantaranya Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Teknik Informatika, Biologi, Fisika, Sosiologi Agama, Ilmu Hadis, Ilmu Al-quran dan Tafsir, Aqidah dan Filsafat Agama, Studi Agama-Agama, Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan, Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Ilmu Falak, Hukum Ekonomi Syariah, Ekonomi Islam, Perbankan Syariah, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, PMI/Kesejahteraan Sosial, Manajemen Dakwah, Ilmu Komunikasi, dan Manajemen Haji dan Umrah.

Untuk alur pendaftaran SPAN-PTKIN itu sendiri, pengisian PDSS berlangsung dari 30 Januari-24 Februari, lalu verifikasi 2 Februari-3 Maret, pendaftaran ulang pada 1-29 Maret, dan pengumuman pada 1 Mei 2018.

Selanjutnya yaitu UM-PTKIN yang juga sama halnya dengan SPAN-PTKIN, karena menjadi jalur masuk untuk 37 jurusan.

Adapun pendaftaran UM-PTKIN akan dimulai pada 12 April-5 Mei, setelah itu pelaksanaan ujian tulis pada 22 Mei, dan pengumuman pada 10 Juli 2018. Biaya seleksi ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00

Selanjutnya UMM, yang menjadi jalur untuk seluruh jurusan yang ada di UIN Alauddin Makassar. Pendaftarannya mulai dibuka 4 Juni- 5 Juli, dengan dibebankan biaya sebesar Rp. 225.000,00

Kemudian dilanjutkan tahap seleksi pada tanggal 15 Juli, dan pengumuman pada 25 juli 2017. Tak hanya sampai disitu, setelah dinyatakan lulus, calon mahasiswa baru harus melakukan pendaftaran ulang pada 1 Juli-13 Agustus 2018.

Terakhir, yaitu UMK yang menjadi jalur untuk jurusan yang belum mencukupi kuota mahasiswa yang dibutuhkannya.

Pendaftarannya dimulai 26-31 juli, kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi pada 4 Agustus, pengumuman pada 9 Agustus 2018, lalu proses pendaftaran ulang pada13-15 Agustus 2018. Adapun biaya pendaftaran yang dibebankan kepada calon mahasiswa baru, sebesar Rp. 225.000,00

Penulis: Muhammad Junaedi
Editor: Eka Reski R.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*