Peringkat Website UIN Alauddin Menurun

Tampilan website UIN Alauddin Makassar

Washilah – Peringkat website perguruan tinggi yang dirilis Webometrics edisi Januari 2018, menempatkan UIN Alauddin Makassar di posisi 92 skala nasional, hal ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Sabtu (27/01/2018).

Webometrics merupakan lembaga pengukur kualitas website perguruan tinggi, yang menyediakan informasi tentang kinerja perguruan tinggi berdasarkan publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web.

Pemeringkatan Webometrics diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli. Hasilnya, pada Januari tahun ini, website UIN Alauddin Makassar mengalami penurunan. Jika akhir tahun 2017 berada pada peringkat 55 se-Indonesia, kini menempati posisi ke 92.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipad) UIN Alauddin Nur Afif ST MT.

“Karena pertengahan tahun traffic kita memang sangat tinggi karena ada penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara online, Itu faktor meningkatnya webomatrics. Nah akhir tahun biasanya trafficnya turun,” bebernya kepada Reporter Washilah. Sabtu (27/01/18)

Nur Afif juga mengungkapkan, tahun lalu, ada peningkatan yang cukup tinggi dibanding tahun 2016.

“Karena journal online kita sudah banyak kontennya. Ditambah repositori kita juga sudah ada, dan dikelolah perpustakaan pusat universitas,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Muh. Quraisy Mathar mengungkapkan, di awal jabatannya, 2015 lalu, dirinya telah melakukan pembenahan, khususnya kinerja penginputan data ke repositori, sehingga mengalami peningkatan ditahun 2016.

“Tahun ini turun, bukan karena kita mundur, tetapi beberapa universitas lain juga mulai bekerja lebih cepat. Saya sebetulnya target kita bisa masuk 30 besar, jika seluruh pihak dapat lebih fokus dan memberikan perhatian besar kepada perpustakaan dan repositorinya,” ujarnya.

Penulis: Fahrul Iras
Editor: Erlangga Rokadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*