Menggiatkan Kembali Dema Universitas

Ilustrasi | Andi Noormalasari (Magang)

Washilah – Lembaga Eksekutif dan Legislatif UIN Alauddin Makassar Vakum sejak 2013 lalu. Namun diawal tahun ini, Dewan Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema) Universitas, resmi akan digiatkan kembali yang diawali dengan pengambilan dan pengumpulan berkas calon pada Senin (15/01/2018) besok.

Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI,Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan perguruan tinggi, pada bab I poin pertama berbunyi Organisasi Kemahasiswaan intra perguruan tinggi adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi.

Mengacu pada aturan diatas, Dewan Mahasiswa (Dema) merupakan organisasi intra kemahasiswaan tertinggi, yang akan menjadi penghubung antara mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan, serta bertanggungjawab langsung kepada Rektor dalam pembinaan kegiatan kemahasiswaan melalui WR Bidang Kemahasiswaan.

Dengan menggiat kembali Dema Universitas di UIN Alauddin Makassar, ditanggapi oleh WR Bidang Kemahasiswaan dan alumni  Prof Siti Aisyah yang menginginkan mahasiswa UIN memiliki dimensi intelektual dan Integritas yang senada dengan aturan yang dikeluarkan Mendikbud tersebut.

“Inilah dua mahasiswa yang kita mimpikan semua dan mahasiswa seperti inilah yang ingin kita semua capai,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Penyelenggara Pemilma (LPP) Dr Nur Syamsiah menegaskan, agenda pemilma Sema dan Dema Universitas akan bertahap sesuai dengan jadwal yang beredar dan telah di ditandatangani oleh ketua LPP.

“Ya sudah itu jadwalnya” singkat Nur Syamsiah yang juga merupakan WD Bidang kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) ini.

Penulis: Muhammad Fahrul (Magang)
Editor: Erlangga Rokadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*