JK Terima Gelar Doktor HC di Bidang Sosiologi Agama

Penyerahan piagam penghargaan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Musafir Pababbari kepada Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, di dampingi oleh dua guru besar UIN sekaligus sebagai promotor dalam pemberian gelar Doktor yang digelar di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Kamis (25/01/2018).

Washilah – Kedatangan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) di UIN Alauddin Makassar dalam rangka menerima gelar Honoris Causa (HC) di bidang Sosiologi Agama di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Kamis (25/01/2018).

Penganugerahan gelar doktor terhormat (Honoris Causa) kepada JK ini, dikemas dalam agenda Sidang Senat Terbuka Luar Biasa.

Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Musafir Pababbari dalam sambutannya menyampaikan ada dua alasan pemberian gelar HC.

“Pertama, peran dan kontribusi Pak JK dalam bidang perdamaian tidak perlu diragukan lagi. Kedua, prinsip Pak JK dalam menjadikan agama sebagai sumber inspirasi kerukunan yang mengajarkan perdamaian serta menganjurkan pentingnya membangun harmoni antar umat yang berbeda,” singkatnya.

Jusuf Kalla tentu menyambut baik pemberian gelar tersebut. Menurutnya, mengakhiri konflik dan menciptakan perdamaian mesti disikapi dengan rasa saling percaya.

“Memiliki pengetahuan mendalam tentang pihak-pihak yang terlibat konflik, memperkuat keberanian moral, membangun sikap saling percaya, menyatukan pihak bertikai, membatasi keterpaparan, menghormati martabat masing – masing,” ungkap mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Konsolidasi dan usaha keras, lanjut JK, sangat diperlukan dalam mengakhiri konflik dan menciptakan perdamaian.

“Kita perlu memperkuat komitmen kita pada perdamaian, kedamaian dan harmoni sehingga kita dapat memiliki dunia yang lebih damai dan lebih baik,” tutupnya.

Penulis: Suhaira Amaliyah
Editor: Erlangga Rokadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*