Komunitas ReadPublik Bergerak Wujudkan Kepekaan Masyarakat Kampus Melalui Literasi

ejumlah Mahasiswa manfaatkan lapak baca yang disediakan oleh komunitas ReadPublik pada kegiatan rutin "Ajakan Baca" yang diadakan setiap hari kamis di lobi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). Kamis (07/12/2017)

Washilah – ReadPublik, Komunitas yang dipelopori anak muda Makassar khususnya Mahasiswa UIN Alauddin Makassar, bergerak mewujudkan kepekaan masyarakat kampus melalui kegiatan membaca yang setiap pekannya diadakan pada beberapa Fakultas diUIN Alauddin Makassar. Kamis (07/12/2017).

ReadPublik, merupakan komunitas yang bergerak menyebarkan virus literasi dengan tagline “Gerakan Membaca Untuk Indonesiaku”.

Andi Alfian, salah satu Founder ReadPublik yang merupakan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Ilmu Politik (FUFP) menjelaskan bahwa, ada dua kegiatan yang rutin terlaksana dengan batuan dari pihak Dema (Dewan Mahasiswa) FTK dan internal sebagai fasilitator.

Adapun jadwalnya, untuk Jumatan Baca di FUFP setiap hari Jumat pukul 08.00-11:30, terlaksana sejak tiga bulan yang lalu. Sedangkan Ajakan Baca dilobi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sudah berjalan satu bulan setiap hari Kamis pukul 08.00-14:30.

Menurutnya, sebenarnya komunitas yang masih bergerak di wilayah Makassar ini, memiliki media online yaitu readpublik.com sebagai taman daring baca dan mendapatkan buku-buku dari tiap anggota serta peyumbang.

“Buku terdiri dari buku-buku setiap anggota dan beberapa dari penyumbang yang mewakafkan bukunya di pustaka ReadPublik,” ujarnya.

Andi Alfian berharap,selain beberpa dosen serta penenulis-penulis dari luar sulawesi yang sudah tahu mengenai ReadPublik, kegiatan komunitas ini juga dapat tetap berkelanjutan dan mampu dikenal khalayak luas.

Penulis : Muhammad Irwan (magang)
Editor : Nur Isna

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*