Donor Darah Jadi Rangkaian Kegiatan AMC

Pemaraparan salah seorang peserta yang mengikuti lomba poster. Selain donor darah sebagai bentuk bakti sosial, panitia dari jurusan PSPD juga menggelar beberapa rangkaian lomba. Di antaranya lomba poster. Bertempat di Aula kampus I UIN Alauddin Makassar. Minggu (03/12/2017).

Washilah – Alauddin Medical Competition (AMC) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) di rangkaikan dengan donor darah. Kegiatan ini diadakan di Aula Kampus I UIN Alauddin Makassar. Minggu (03/12/2017).

Ketua Panitia Intan Nursiani mengungkapkan, kegiatan ini sebagai wujud bakti sosial dari jurusan kesehatan. Lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa peserta yang melakukan donor darah bukan hanya dari kalangan mahasiswa, tapi juga dosen, petugas kebersihan aula dan juga satpam.

“Kegiatan ini sebenarnya rangkaian kegiatan dari acara AMC, dan sebagai mahasiswa jurusan kesehatan kami juga melakukan bakti sosial, seperti donor darah ini, yang semoga dapat bermanfaat bagi orang lain,” ungkapnya.

Salah satu tenaga kesehatan, dr Dahlia menjelaskan manfaat donor darah bukan hanya untuk membantu orang lain tapi, juga bermanfaat bagi si pendonor. Ia juga menjelaskan beberapa syarat untuk bisa melakukan donor darah.

“Syarat untuk dapat melakukan donor darah yaitu, usia minimal 17 tahun dan maksimal 58 tahun bagi pemula dan 60 tahun bagi yang biasa melakukan donor darah. Hemoglobin (Hb) harus lebih dari 12,5, memiliki Berat Badan (BB) minimal 48 kg, terus tidur yang cukup 5- 6 jam,” jelas tim medis yang pernah bertugas di RS. Bayangkara ini.

Peserta donor darah yang juga mahasiswa PSPD Faisal, mengatakan donor darah itu banyak manfaatnya, tidak hanya untuk kesehatan pendonor dan membantu orang lain tapi juga dapat bernilai pahala.

“Saya ikut donor darah karena itu baik baik untuk kesehatan, donor darah bisa bernilai sedekah. Setelah melakukan donor darah itu rasanya jadi lebih sehat, bahagia karena bisa bersedekah,” imbuhnya.

Penulis : Ramalia ( magang)
Editor : Nur Isna

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*