Oknum Mahasiswa Ini Berencana Komersialkan Sertifikat Seminar

Pesan AMI di grup Whatsapp “Pramuka FTK” yang menawarkan sertifikat pendidikan

Washilah – Rencana komersialisasi sertifikat seminar yang dilakukan oleh salah seorang oknum mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar, terungkap lewat percakapan grup Whatsapp. Senin (16/10/2017).

Oknum mahasiswa yang bernisial AMI ini, terbukti menawarkan sertifikat seminar pendidikan bertajuk “Pendidikan Berbasis Karakter dalam Menghadapi Tantangan Persaingan Profesi Wujudkan Generasi Emas Indonesia” yang digelar pada Jumat (06/10/2017) lalu, di grup Whatsapp “Pramuka FTK”.

Dalam tulisannya di grup Pramuka FTK, AMI menawarkan sertifikat tersebut kepada anggota grup dengan harga Rp. 10.000 perserifikat.

“Siapa tau ada mau bli srtifikat sminar pendidikan harga 10k..lumayan untuk mata kuliah ektrakulikuler..,” tulis AMI di grup Pramuka FTK.

Sementara itu, Ketua HMJ Pendidikan Fisika Amin Rais menegaskan, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh oknum mahasiswa tanpa sepengetahuannya, sebagai pihak penyelenggara seminar.

“Sertifikat seminar pendidikan tidaklah diperjual belikan dan syarat untuk mendapatkannya harus mengikuti rangkaian kegiatan seminar yang pernah diadakan oleh HMJ Pendidikan Fisika,” ujarnya.

Rais menambahakan, proses penjualan sertifikat tersebut belum terjadi. Panitia pelaksana seminarpun telah mengembalikan beberapa sertifikat tersebut kepada HMJ Pendidikan Fisika.

Saat dihubungi, AMI yang hendak melakukan penjualan sertifikat seminar mengatakan, tindakan yang ia lakukan semata-mata karena tidak mengetahui aturan. Dirinyapun telah meminta maaf kepada Ketua HMJ dan Ketua Jurusan Pendidikan Fisika.

“Saya tidak tahu kalo sertifikat dilarang diperjual belikan dan saya telah meminta maaf kepada ketua HMJ dan ketua Jurusan,” ucapnya melalui pesan whatsapp.

Penulis: Muhammad Fahrul Iras (Magang)
Editor: Erlangga Rokadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*