Dema FAH Gelar Dialog Lintas Organisasi

Suasana Dialog yang bertema "Merebut Demokratisasi dalam Kampus" digelar oleh Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar, bekerja sama dengan HMI Komisariat Adab dan Humaniora Cabang Gowa Raya di Lecture Theatre (LT) FAH. Selasa (16/10/2017).

Washilah – Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar, bekerja sama dengan HMI Komisariat Adab dan Humaniora Cabang Gowa Raya, menggelar Dialog Lintas Organisasi di Lecture Theatre (LT) FAH. Selasa (16/10/2017)

Dialog yang bertema “Merebut Demokratisasi dalam Kampus” ini, terbuka untuk umum dan diikuti oleh kader organisasi ekstra kemahasiswaan kampus seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan Ketua Dema Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Salah seorang pemateri Akbar Yanlua atau Bung Abe, sapaan akrabnya, mengatakan, Kegiatan ini adalah langkah awal membangun kesadaran hak demokrasi mahasiswa.

“Kesadaran akan hak demokratisasi mahasiswa harus diperjuangkan dan diteriakan oleh mahasiswa kepada birokrasi. Kampus yang notabenenya adalah pelayan publik yang seharusnya memenuhi setiap hak mahasiswa,” seru Bung Abe.

Sementara itu, Fadlan Nasurung yang juga menjadi pembicara dialog tersebut menyarankan agar kegiatan seperti ini, sering diadakan untuk mennyadaran hak demokratisasi terhadap mahasiswa secara menyenyeluruh.

“Peran semua organisasi ekstra untuk membangun nalar kritis mahasiswa sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Fadlan, semua lembaga ekstra punya visi yang sama, hanya saja tidak pernah dipertemukan dalam ruang-ruang publik yang ada di kampus seperti kantin, pelataran dan gazebo sebagai ruang interaksi dan komunikasi.

Penulis: Rahimun (Magang)
Editor: Erlangga Rokadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*