Aset Bank Syariah di Indonesia Meningkat Tiap Tahun

Foto bersama pemateri, panitia dan peserta kuliah umum perbankan syariah usai Kuliah Umum di lantai 4 Rektorat. Jumat (13/10/2017).

Washilah – Pertumbuhan aset Bank Syariah di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Hal ini dibahas pada kuliah umum bertajuk “Masa Depan Perbankan Syariah di Indonesia” yang digelar Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar di lantai 4 Rektorat. Jumat (13/10/2017).

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Dr Putu Juana Wiratamaja SE MS i, mengatakan, pertumbuhan aset bank syariah setiap tahun selalu mengalami peningkatan, namun masih kalah jauh dari pertumbuhan aset bank konvensional.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua, Zulmi yang juga menjadi salah satu narasumber dalam seminar tersebut mengatakan, pertumbuhan bank syariah di Bali, lebih cepat dibanding dengan pertumbuhan Perbankan Syariah di Makassar, padahal jumlah penduduk non-muslimnya lebih banyak.

Adapun tantangan yang harus dihadapi Perbankan Syariah dalam meningkatkan laju pertumbuhannya di indonesia, antara lain peningkatan SDM secara kualitas dan kuantitas, inovasi pengembangan produk dan layanan jasa perbankan syariah dan program edukasi dan sosialisasi (FESYAR) kepada masyarakat.

Putu menjelaskan, meningkatkan laju pertumbuhan Perbankan Syariah di indonesia dimulai dari diri masing-masing dengan cara membuka tabungan di bank syariah. Dirinya pun berharap, mahasiswa-mahasiswa dari jurusan Perbankan Syariah dapat menjadi pelopor untuk meningkatkan laju pertumbuhan Perbankan Syariah di indonesia.

Penulis : Ramalia (Magang)
Editor: Erlangga Rokadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*