Opini: Penggalang Dana dan Perempuan Cantik

Asy'ari | Dok. Pribadi

Oleh: Asy’ari

Bazar dan jual-jualan minuman dingin ditambah kue (biasanya berbentuk es buah dan pisang goreng nugget bikinan mahasiswi cantik nan manis), tentu saja menjadi hal yang paling sering dilakukan sesaat sebelum membikin kegiatan lembaga, baik itu lembaga intra maupun ekstra kampus.

Karena mengadakan bazar dan jual-jualan sepertinya menjadi pilihan yang cukup menjanjikan untuk meraup banyak dana, selain opsi les-lesan atau membikin proposal. Yah, walaupun ada banyak rintangan seperti panasnya terik matahari dan capek karna keliling-keliling jualan dan pusing tujuh keliling mencari warkop yang lumayan murah plus punya fasilitas karokean atau live musik.

Nah, supaya penggalangan dana itu menjadi seru dan tidak membosankan, ada baiknya melakukan hal-hal sebagai berikut :
Pertama, carilah teman cantik nan manis untuk jualan minuman dan makanan ringanmu!, sebab perempuan cantik selalu punya daya tarik bagi kaum adam. Tengoklah SPG (Sales Promotion Girl) kalau tulisan inggrisnya keliru, mohon dimaklumi karena saya jurusan Pendidikan Agama, bukan Pendidikan Bahasa Inggris. SPG cantik nan seksi itu selalu berhasil memikat kaum adam untuk membeli produk yang ia jual, meskipun sebenarnya produk yang ditawarkan tidak begitu dibutuhkan oleh si pembeli laki-laki (ini pengalaman pribadi penulis). Hal Ini juga berlaku saat bazar, biasanya laki-laki tertarik datang ke acara bazar karena ingin cuci mata (lirik-lirik perempuan cantik) juga tertarik untuk memesan minuman sebagai salah satu modus untuk kenalan.

Kedua, pilihlah waktu yang tepat untuk berjualan atau membikin bazar. Biasanya minggu pertama semester baru adalah waktu yang pas untuk penggalangan dana, karena mahasiswa baru maupun mahasiswa basi (senior semester 8-keatas) habis dari kampung halaman dengan membawa jatah bulanan yang masih segar, juga biasanya waktu semester baru selalu bertepatan dengan tanggal muda.

Ketiga, rajin-rajinlah membeli minuman dan makanan penggalangan dana mahasiswa yang lain, juga sering-seringlah bersilaturahmi (termasuk menghadiri bazar) karena menjalin silaturahmi dan murah hati pada sesama mahasiswa, biasanya akan dibalas dengan kemurahan hati mereka juga. Artinya, mereka juga akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan danamu, seperti yang kamu lakukan pada mereka.

Keempat, banyak-banyaklah berdo’a sebab hanya kepada-Nyalah kita memohon pertolongan.

*Penulis merupakan mahaiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) semester IX