Dema FST Gandeng Anggota MPR RI Sosialisasi Empat Pilar

Washilah – Sebagai warga negara yang baik, sejatinya mengetahui hal-hal dasar negara sendiri. Hal itulah yang dilakukan oleh Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar yang menggandeng salah seorang Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) dalam mensosialisasikan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara yang di gelar di Lecture Theatre (LT) FST. Rabu (12/04/2017).

Ia adalah Dr Abdul Aziz Qahar Muzakkar yang menjadi pembicara pada Sosialisasi tersebut. Pria kelahiran 15 Desember 1964 silam itu, menjelaskan Pancasila sebagai dasar ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Keempat poin inilah menjadi pilar negara yang gencar disosioalisasikan oleh salah satu lembaga tertinggi di Indonesia ; MPR, agar setiap warga negara paham dengan hal tersebut.

“Ini tujuannya agar semua warga negara bisa benar-benar paham pilar bangsa ini,” tegasnya.

Dalam penjelasannya, anggota perwakilan daerah Sulawesi Selatan di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu, menekankan bahwa negara berdasar pada agama, hal itu sesuai dengan UUD 1945 pasal 29 ayat 1, yang berbunyi negara berdasar atas ketuhanan yang maha esa.

Sementara itu, Dekan FST Prof Arifuddin Ahmad MAg yang mendampingi Abdul Aziz Qahar Muzakkar, mengungkapkan keadaan umat muslim sekarang ini seakan-akan menjadi ancaman.

“Akhir-akhir ini, eksistensi umat menjadi ancaman bagi negara. Tokoh islam seakan-akan jadi ancaman bagi NKRI,” ungkapnya saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi tersebut.

Hal ini karena munculnya aksi-aksi terkait kasus dugaan penodaan agama yang diduga dilakukan oleh calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua; Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Namun, hal itu ditanggapi Abdul Aziz Qahar Muzakkar dengan mengatakan “Kita tidak rasis, kita juga bukan anti kristen. Tapi kita anti ketidak adilan,” tegas pria yang lahir di Palopo itu.

Disamping itu, Ketua Dema FST Muhammad Syafaat juga berharap agar kegiatan yang digelar oleh pihaknya, bisa menjadikan masyarakat khususnya mahasiswa FST paham dengan empat pilar tersebut, juga kerja sama antara MPR RI bisa berlanjut di kemudian hari.

Penulis: Erlangga Rokadi

Comments

comments