Berikut Ini Jalur Masuk UIN Alauddin Tahun 2017

Kepala Bagian Akademik Dra Hj Suhartini M Pd saat ditemui di ruangannya oleh Reporter Washilah di Gedung Rektorat lantai 1. Jum'at (28/04/2017).

Washilah – Tahun 2017, UIN Alauddin kembali membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Untuk 52 jurusan yang ada di UIN, sebanyak 5185 orang yang akan diterima melalui beberapa jalur pendaftaran.

Setelah diumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),  untuk UIN Alauddin ternyata sudah memenuhi setengah kuota 14 jurusan yang akan menerima 711 calon mahasiswa baru ditahun ajaran 2017/2018.

Di tahun ini, UIN Alauddin juga terdaftar di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk 14 jurusan yang sama dengan SNMPTN, jurusan tersebut antara lain Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dokter, Ilmu Politik, Ilmu Kominikasi, Jurnalistik, Kimia, Matematika,Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Ilmu Peternakan, Sistem Informasi, Akuntansi, dan Menejemen.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online, tata cara pendaftan secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pemdaftaran.sbmptn.ac.id. Tata cara pengisian pendaftaran ujian tertulis dan ujian keterampilan dapat diunduh dari http://download.sbmptn.ac.id. sejak tanggal 03 April 2017.

Pendaftaran online untuk Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) sudah dibuka sejak tanggal 11 April 2017 Pkl 08.00 WIB sampai dengan 05 Mei 2017 pkl 22.00 WIB, sedang biaya seleksi ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (Dua Ratus Ribu Rupiah).

Jalur ke-3 Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), menjadi jalur untuk 36 jurusan diantaranya, Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa dan Sastra Inggris, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Biologi, Ekomomi Islam, Farmasi, Filsafat Agama, Fisika, Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Falak, Ilmu Hadits, Ilmu Perpustakaan, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Menejemen Dakwah, Menejemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam,  Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Matematika, Studi Agama-Agama, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Perbankan Syaria, PMI/Kesejahteraan Sosial, Sejarah Peradaban Islam, Sosiologi Agama, Teknik Informatika. Kemudian akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2017 dan registrasi ulang pada tanggal 23 Mei 2017.

jalur ke-4 Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) sama halnya dengan SPAN-PTKIN yakni menjadi jalur untuk 36 jurusan.

Jalur ke-5 Ujian Masuk Mandiri (UMM) yang menjadi jalur untuk 52 jurusan, pendaftaran dimulai tanggal 6 Juni s.d 7 Juli 2017, Pembayaran Registrasi di Bank BNI 6 Juni s.d 5 Juli 2017, seleksi pada tanggal 16 Juli 2017, pengumuman pada tanggal 25 Juli 2017, dan pendaftaran ulang 31 s.d 4 Agustus 2017.

Adapun untuk jalur ke-6 yakni Ujian Masuk Khusus (UMK), Kepala Bagian Akademik Dra Hj Suhartini M Pd mengatakan, belum ada informasi lebih lanjut tentang jalur tersebut.

“Khusus  jalur UMK akan di rapatkan terlebih dahulu oleh stakeholder yang bersangkutan,” jelasnya saat ditemui diruangannya oleh Reporter Washilah. Jumat (28/04/2017).

Penulis: Epi Aresih

Editor: Nur Isna

Comments

comments