Hafid, Mahasiswa TA Harumkan Nama UIN Di Kancah Nasional

Abdul Hafid Mahmud

Washilah – Civitas Akademika UIN Alauddin Makassar patut berbangga atas prestasi salah seorang Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang ditorehkannya di tingkat nasional. Abdul Hafid Mahmud namanya, seorang mahasiswa Jurusan Tehnik Arsitektur (TA).

Hafid sapaan akrabnya, menjelaskan, bisnis (Mallsampah.com) yang digelutinya selama kurang lebih tiga bulan bersama rekannya, diikut sertakan pada Lomba Inovasi Penanggulangan Banjir di Jakarta, dalam Internasional Federation of Red Cross (IFRC) bulan Februari lalu. Pada acara tersebut, lomba yang dikompetisikan bermacam-macam, salah satunya mengenai inovasi penanggulangan banjir.

“Saya pun bersama rekan saya empat orang, salah satunya anak Universitas Muslim Indonesia (UMI) memaparkan produk Mallsampah.com ini,” paparnya saat ditemui diruang jurusannya. Kamis (09/03/2017).

Alhasil, produk berbentuk website merekapun meraih juara pertama dan mendapatkan hadiah sebesar 5.000 Swissfranc (CHP) atau sekitar Rp. 66.000.000. Mereka menyisihkan peserta dari beberapa kampus ternama, seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), dan juga peserta dari Australia.

“Hadiahnya pun nantinya untuk keperluan dan pengembangan bisnis (website) ini,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2013 itu berharap agar produknya bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama pengepul sampah dan pemulung. Produk yang dibuatnyapun akan diperbaharui lagi.

Diakuinya, sistem Mallsampah.com untuk saat ini, menghubungkan antara pengepul sampah dan juga pemulung terdekat.

Penulis: Nurjannah
Editor: Erlangga Rokadi