Gelar Porseni, KKN Posko Benteng Paremba Hadirkan Tari Rabbana

Pertunujukan Tari Rabbana yang dibawakan oleh sejumlah orang tua dan pemuda Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Sabtu (04/02/2017)

Washilah – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar angkatan 53 Posko Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, mengadakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Bukan hanya itu, para KKN UIN Alauddin Makassar hadirkan Tari Rabbana. Sabtu (04/02/2017)

Pembukaan Porseni tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat, bersama dengan seluruh peserta Se-Benteng Paremba.

Acara yang bertajuk Asah Potensi, Prestasi Gemilang itu dibuka langsung oleh Sekretaris Desa Burhanuddin secara simbolik, dengan pemukulan gendang Qasidah sebanyak lima kali, sebagai bentuk penghargaan atas ke lima posko KKN di Benteng Paremba.

Dalam sambutannya Burhanuddin menanggapi positif kegiatan tersebut sebagai ajang dalam menemukan bibit muda atlet di desa Benteng Paremba.

“Kalau kita gali potensi yang ada, insaallah Benteng Paremba senantiasa akan menampilkan yang terbaik,” harapnya.

Ia juga salut atas usaha Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar dalam
menyelenggarakan Porseni, ia mengkui bahwa animo masyarakat terhadap Porseni KKN UIN Alauddin, khususnya desa Benteng Paremba, Kabupaten Pinrang sangat tinggi. Hal itu di buktikan dengan banyaknya penonton yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara Koordinator Desa (Kordes) KKN Benteng Paremba, Muhammad Agung Hidayat Hardi menuturkan, Porseni kali ini terselenggara oleh kerja keras dari teman teman KKN.

“Salut buat teman-teman buat kerja kerasnya, terutama posko empat selaku tuan rumah penyelenggara acara,” tutur Agung.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ahmad Nur Sigit membenarkan hal tersebut. Menurutnya, selama ini mahasiswa KKN UIN Alauddin membutuhkan usaha dan kegigihan yang begitu banyak, pasalnya dalam penyeleggarannya Mahasiswa KKN kekurangan dana dan waktu persiapan yang begitu terbatas.

“Waktunya sempit untuk mengadakan Porseni ini, selain itu anggaran juga sangat terbatas, namun berkat usaha dan kerja keras teman-teman, sehingga acara dapat terselenggara,” imbuhnya.

Kedepannya ia berharap semoga acara yang sama, dapat terselenggara dengan baik dan ada sinergitas antara masyarakat juga mahasiswa KKN selaku penyelenggara.

Selain kegiatan, hal lain yang menjadi sorotan ialah, pertunjukan tarian khas Rabbana yang sudah sangat jarang ditemui saat ini, tarian tersebut dibawakan oleh sejumlah orang tua dan Pemuda Desa Benteng Paremba. Budaya unik itu dijaga kelestariannya oleh tokoh setempat dengan harapan budaya tersebut tidak tergerus zaman.

Menurut Kambo selaku Kepala Rukun Keluarga (RK) Kebudayaan mengatakan, tarian tersebut dikeramatkan bagi warga sekitar.

“Bukan sembarang orang yang bisa lakukan tarian (rabbana) itu, ada baju kebesarannya, terus tidak sembarang orang yang bisa dipertontonkan,” ungkapnya.

Kambo menambahkan bahwa tarian Rabbana ditampilkan,
sebagai bentuk penghargaan yang tinggi terhadap Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar.

Penulis: Azhari Perwira Negara
Editor: Erlangga Rokadi