UIN Alauddin Buka Tiga Pendaftaran Beasiswa

Washilah – Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kemahasiswaan Baharuddin S Ag M Hum, UIN Alauddin Makassar membuka tiga pendaftaran beasiswa, yaitu beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik (PPA), Beasiswa Hafizh Al-Qur’an, dan Beasiswa Kajian Keislaman (Prodi Dasar Islam).¬†

Pendaftaran ketiga beasiswa diatas mulai dibuka secara bersamaan pada tanggal 13 Februari sampai 21 Maret 2017 mendatang. Selanjutnya untuk Beasiswa Hafizh Al-Qur’an harus mengikuti tes atau seleksi pada 29 hingga 30 Maret 2017 di Bagian Kemahasiswaan dan Alumni di Gedung Rektorat.

Untuk memperoleh beasiswa Hafizh Al-Quran harus memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Terdaftar sebagai Mahasiswa pada semester berjalan dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) yang memenuhi terakhir.

2. Minimal semester 3 (tiga) sampai dengan semester 7 (tujuh).

3. Fotokopi Ijazah atau surat keterangan (bermaterai) dari ustadz atau guru, atau kyai yang menerangkan mahasiswa tersebut hafizh Al-Quran.

4. Surat keterangan berakhlak mulia (tidak pernah terkena sanksi tertulis tingkat berat).

5. Fotokopi sertifikat Ibadah dan Qira’at (BTQ), Program Intensifikasi Bahasa Asing (PIBA) dan Sertifikat Character Building Training (CBT).

6. Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dan/atau mendapat beasiswa dari sumber lain pada tahun yang sama dari Pimpinan Fakultas.

7. Memporoleh Rekomendasi dari Pimpinan Fakultas.

8. Mahasiswa calon penerima beasiswa harus menghafal 5 Juz, 10 Juz, 15 Juz, 20 Juz, 30 Juz.

9. Rekening tabungan Bank Rakyat Indonesia (BR) disiapkan oleh Pihak Pengelola Beasiswa (BRI Kampus 2 Samata).

10. Permohonan diwajibkan mengisi formulir secara lengkap dan jelas, ditulis dengan tinta hitam dengan dibubuhi materai 6.000,-.

Selanjutnya, untuk memperoleh beasiswa PPA dan beasiswa Kajian Keislaman (Prodi dasar Islam) harus memenuhi syarat sebagai berikut.

1. Terdaftar sebagai Mahasiswa pada semester berjalan dengan melampirkan fotokopi KTM, dan SPP terakhir.

2. IPK Minimal 3,25 (Tiga koma Dua puluh Lima) untuk Prestasi Akademik.

3. Minimal semester 3 (tiga).

4. Surat keterangan berakhlak mulia (tidak pernah terkena sanksi tertulis tingkat berat);

5. Fotokopi sertifikat Ibadah dan Qira’at (BTQ), Program Intensifikasi Bahasa Asing (PlBA) dan Sertifikat Character Building Training (CBT).

6. Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dan/atau mendapat beasiswa dari sumber lain pada tahun yang sama dari Pimpinan Fakultas.

7. Memporoleh Rekomendasi dari Pimpinan Fakultas.

8. Rekening tabungan Bank Rakyat Indonesia (BRI) disiapkan oleh Pihak pengelola Beasiswa; (BRI Kampus 2 Samata).

9. Permohonan diwajibkan mengisi formulir secara lengkap dan jelas, ditulis dengan tinta hitam dengan dibubuhi materai 6 000,- (enam ribu).

Untuk beasiswa Kajian Islam atau Prodi Dasar Islam diperuntukkan khusus mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Penulis: Asrullah

Editor: Nur Isna

Comments

comments